Disnakeswan Buka Posko Pemeriksaan Gratis Hewan Qurban

Sumbawa, PSnews – Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa  membuka pemeriksaan gratis terhadap hewan qurban. Hal ini dilakukan untuk mencegah kemungkinan adanya penyakit berbahaya pada hewan yang akan disembelih.

Kabid Kesehatan Hewan Disnakeswan Kabupaten Sumbawa – Edi Putra Darma menyampaikan, bagi masyarakat yang hendak berqurban baik itu kambing, sapi ataupun kerbau yang melakukan register diminta juga untuk memeriksa hewan qurbannyta lebih dahulu. Pemeriksaan ini dilakukan secara gratis. Yakni sebelum dan sesudah hewan qurban dipotong. Gunanya untuk mengetahui apakah hewan tersebut mengidap penyakit atau tidak. ‘’Saya harap masyarakat melapor supaya diperiksa ternaknya supaya diperiksa. Kita siap dari H-5. Kita juga akan turun monitoring ke lokasi. Dimana ada laporan langsung kami turun untuk mengecek,’’ ujarnya kepada wartawan.

Diterangkannya, posko kesehatan hewan ini memiliki 190 orang panitia. Mereka tersebar di 24 Kecamatan yang ada.‘’Poskeswan kita ada 15. Diantaranya di Empang, Plampang, Lape, Labangka, Moyo Hilir, Moyo Hulu, Lenangguar, Orong Telu, Lunyuk, Sumbawa, Unter Iwes, Buer, dan Alas. Di poskeswan kecamatan   juga ada dokter hewannya yang akan melakukan pemeriksaan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *