Sumbawa Targetkan 4000 Ton Lebih Garam Tahun ini

Sumbawa, PSnews – Potensi garam di Kabupaten Sumbawa cukup luar biasa. Dalam tahun ini, Sumbawa menargetkan mampu memproduksi lebih dari 4000 ton garam. Apalagi ada rencana membangun gudang untuk garam diwilaya timur Sumbawa.

Demikian disampaikan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Sumbawa – Dirmawan kepada media ini. Saat ini sedang dilelang untuk pembangunan gudang garam, dengan kapasitas 2000 ton. Gudang itu nantinya terkoneksi secara online dengan gudang garam yang ada dibeberapa daerah, seperti Madura, Bangkalan, Sulawesi, dan lainnya. Sehingga produksi garam-garam itu bisa dipantau secara nasional. ‘’Kalau semua daerah sudah diketahui berapa stoknya, itu akan berpengaruh terhadap kurangnya impor garam. Kalau stok nasional ini bisa memenuhi kebutuhan untuk nasional, saya kira itu tidak ada impor garam,’’ tukasnya.

Dalam tahun ini, Pemda Sumbawa menargetkan produksi sekitar 4650 ton garam. Dimana tahun 2017 lalu, Sumbawa hanya mampu memperoleh sebanyak 1710 ton garam. Peningkatan target yang cukup signifikan tersebut karena Sumbawa akan menjalankan program integrasi lahan untuk penggarapan garam. ‘’Target kita tahun ini 4650 ton, dari integrasi lahan ini kalau bisa jalan mulus bisa sampai 6000 ton per musim. Karena ini produksi menggunakan teknologi yang diintegrasikan. Sehingga kalau tadinya kapasitas produksinya 20 ton per hektar, ini bisa jadi 100 ton per hektar dengan integrasi lahan,’’ tandasnya.

Diungkapkan, adapun lokasi potensi garam yang cukup besar di Kabupaten Sumbawa yakni di Labuhan Bontong, Labuhan Kuris, dan Labuhan Bajo Utan. Selain itu ada juga potensi lainnya dibeberapa wilayah, hanya saja belum di garap seperti yang lokasi tiga itu. ‘’Luas lahan garapan garam Bontong dan Kuris masing-msign 100 hektar, Bajo Utan 50 hektar,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *