Ketabahan Warga Lombok Kembali Diuji dengan Gempa 6,2 SR

Mataram, PSnews – Ketabahan warga Lombok kembali diuji dengan datangnya gempa dhasyat yang berkekuatan 6,2 SR pada Kamis (9/8/2018) sekitar pukul 13.25 WITA. Menurut data BMKG, pusat gempa berada di kedalaman 12 kilometer yang berlokasi di 8.36 Lintang Selatan 116.22 Bujur Timur sekitar 6 kilometer Barat Laut Kabupaten Lombok Utara Nusa Tenggara Barat (NTB). 

Meski gempa tersebut tidak berpotensi tsunami, namun guncangannya sangat terasa hingga di wilayah Kabupaten Sumbawa. Beberapa warga maupun karyawan perkantoran di dalam kota Sumbawa Besar berhamburan keluar rumah maupun kantor untuk mengamankan diri. Beruntung durasinya tidak terlalu lama.

Dampak gempa 6,2 SR di Mataram Lombok Kamis 9 Agustus 2018

Menurut catatan Kepala BMKG Dwikorita Karnawati kepada para wartawan di Mataram Kamis Pagi (9/8), hingga saat ini sudah terjadi 344 kali gempa di Lombok, 17 diantaranya tercatat sebagai gempa yang kuat. Dengan terjadinya gempa pada Siang hari tadi, artinya kejadian gempa di Lombok menjadi 345 kali, 18 diantaranya sebagai gempa dhasyat.

Gempa yang terjadi siang tadi, merupakan gempa tektonik yang diakibatkan oleh pergerakan patahan Sesar Naik Flores (Flores Back Arc Thrust). “Jadi tidak kaitannya dengan pergerakan magma Gunung Rinjani. Ini gempa tektonik, bukan gempa vulkanik,” terang Dwikorita Karnawati menjawab pertanyaan wartawan di Mataram, Kamis sore (9/8). (PSa)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *