Bupati Sumbawa Imbau Warga Terus Bantu Korban Gempa Lombok

Sumbawa, PSnews – Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril melepas bantuan kemanusiaan dan tim relawan bagi korban bencana gempa Lombok pada Rabu (8/8/2018) di Halaman Kantor Bupati Sumbawa. Dalam kesempatan itu, Bupati berterima kasih kepada seluruh sahabat yang telah memberikan bantuan dan sangat mengapresiasi para medis yang mempunyai semangat memberikan bantuan kemanusiaan khususnya di Kabupaten Lombok Utara yang merupakan daerah terparah terdampak bencana. “Jaga harkat dan martabat serta nama baik sebagai tau Samawa, jadilah pionir yang memang handal dalam memberikan bantuan kepada masyarakat, layani secara ikhlas dan penuh tanggung jawab agar kehadiran tim medis dapat menjadi obat dan penawar bagi korban gempa,’’ tutur Bupati.

Disampaikan pula bahwa bantuan ini merupakan bantuan kemanusiaan tahap kedua, setelah bantuan tahap pertama dalam bentuk logistik dan personil Taruna Siaga Bencana (TAGANA) dan tim pramuka yang dilepas pada tanggal 6 Agustus yang lalu. ‘’Saya mengimbau seluruh masyarakat untuk terus bergerak memberikan bantuan kepada korban gempa, yang dapat disalurkan melalui Pemerintah Daerah,’’ harapnya.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Sumbawa H Didi Darsani melaporkan, tim merupakan gabungan dari organisasi profesi kesehatan dan relawan kesehatan yaitu Ikatan Dokter Indonesia, Persatuan Perawat Nasional Indonesia Cabang Sumbawa, Ikatan Bidan Indonesia Cabang Sumbawa, dan relawan kesehatan (tenaga kesehatan) dari Puskesmas Alas dan unit II Sumbawa. Tim berjumlah 31 orang, yang terdiri dari Dokter Spesialis Orthopedi sebanyak 1 orang, Dokter Umum sebanyak 3 orang, Perawat sebanyak 20 orang, Bidan sebanyak 4 orang dan sopir sebanyak 3 orang.

Selain memberikan jasa medis tim juga membawa/menyalurkan obat-obatan, makanan dan minuman jadi dan setengah jadi dalam kemasan seperti susu untuk anak-anak dan biskuit, mie instan. Beras, air minum dalam kemasan, terpal, selimut dan pakaian anak-anak seperti pempers, kebutuhan vital wanita, sabun, odol, dll, yang merupakan sumbangan dari karyawan/karyawati PNS/kontrak/sukarela di lingkup Pemda Sumbawa (termasuk beberapa kecamatan), organisasi profesi kesehatan, PKK Kabupaten Sumbawa, dan karyawan swasta. Dan untuk menunjang mobilitas Tim di lokasi bencana, diperbantukan pula 5 unit kendaraan yaitu 1 unit kendaraan operasional Kepala Dinas Kesehatan, 1 unit kendaraan roda empat pick up 2 unit ambulance dan 1 unit mini bus operasional Dinas Perikanan dan Kelautan. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *