Disnakeswan Sumbawa Siapkan Pos Pemeriksaan Hewan Qurban

Sumbawa, PSnews – Mekipun hari raya Idul Adha masih sekitar satu bulan lagi. Namun Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (Disnakeswan) Kabupaten Sumbawa sudah menyiapkan pos pemeriksaan hewan qurban. Dan itu tersebar hampir di seluruh kecamatan yang ada. “Posko pusat itu di Kantor Disnakeswan. Kita juga akan membangun posko di tiap kecamatan,’’ terang Kepala Disnakeswan Kabupaten Sumbawa – Talifuddin kepada wartawan.

Menurutnya, pembangunan posko pemeriksaan hewan qurban ini penting dilakukan, sebab harus diperiksa terlebih dahulu untuk mengetahui mengidap penyakit atau tidak. Hal ini juga untuk menghindari penularan penyakit ternak kepada manusia yang mengkonsumsi. “Tugas kita untuk melakukan pemeriksaan ternak, sehat atau tidak. Jangan sampai nanti pas di potong ada penyakit,’’ tandasnya.

Di bagian lain, Talif mengungkapkan, di hari raya qurban ini berdampak pada peningkatan pengiriman ternak. Pada hari biasa pihaknya mematok pengiriman ternak hanya lima truk dengan isi ternak 15 ekor per hari. Namun ketika menjelang Idul Adha, pihaknya bisa mendata pengiriman ternak mulai 8 hingga 10 truk per harinya. “Kadang juga 11 truk. Itu tetap kita penuhi, karena jatah kita masih banyak,’’ jelasnya.

Diungkapkan, rata-rata permintaan pengiriman ternak dapat terpenuhi. Dimana Kabupaten Sumbawa memiliki jatah pengiriman ternak sebanyak 16.000 ekor untuk tahun ini. Bahkan jika ada tambahan permintaan masih bisa ditambah dari jumlah tersebut. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *