Wabup Beberkan Progres Rencana RSUD Baru dan Pasar Induk

Sumbawa, PSnews – Ada beberapa rencana pembangunan prioritas Bupati dan Wakil Bupati Sumbawa HM Husni Djibril dan H Mahmud Abdullah yang akan dilaksanakan selama menjabat. Dan hal itupun sudah visi misi saat keduanya berkampanye dulu. Seperti rencana relokasi RSUD Sumbawa dan pembangunan Pasar Induk di Karang Dima.

Sehingga pada sidang paripurna Senin (16/7/2018), Haji Mo – panggilan akrab Wabup dalam pendapat akhir kepala daerah terhadap Ranperda Pertanggungjawaban APBD 2017 membeberkan progres dari rencana pembangunan dimaksud. Seperti terkait relokasi RSUD Sumbawa, Pemda telah melaksanakan penyusunan studi kelayakan dan master plan pada tahun 2017, dan pada tahun anggaran 2018 telah dialokasikan anggaran untuk penyusunan DED dan AMDAL. ‘’Pembangunan RSUD akan dilaksanakan dalam dua tahap, yaitu tahap I pada tahun 2019 dan tahap II pada tahun 2020,’’ ungkapnya.

Kemudian mengenai pembangunan Pasar Induk Karang Dima atau pusat distribusi provinsi, telah dilakukan penyusunan DED pada tahun 2017, dan pematangan lahan dilaksanakan pada tahun 2018. Terkait pembiayaan,diupayakan melalui APBN. ‘’Berdasarkan hasil rapat koordinasi teknis dan Forum Musrenbangnas 2018 bersama Kementerian Perdagangan dan Bappenas yang menyepakati usulan pembangunan Pusat Distribusi Provinsi NTB berlokasi di  Kabupaten Sumbawa,’’ tutur Wabup.

Bahkan Pemda juga merencanakan proses restorasi Istana Bala Puti tahap pertama akan dilaksanakan dalam tahun anggaran 2018 ini. Tertundanya  proses restorasi tersebut karena terjadi perubahan metode pengadaan atas pertimbangan teknis yang disampaikan oleh Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCP) Bali wilayah kerja Provinsi Bali, NTB, NTT dan pertimbangan hukum dari lembaga yang berkompeten. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *