Restorasi Istana Bala Putih Segera Dilakukan

Sumbawa, PSnews – Menanggapi pemandangan umum Fraksi Partai Gerindra yang meminta Pemda membangun kembali Istana Bala Putih, pasca bencana kebakaran pada 11 Juli 2017 lalu, Pemda Sumbawa menegaskan, segera melakukan penanganan terhadap bangunan kebanggaan Tau dan Tana Samawa tersebut. “Terkait restorasi Istana Bala Puti, dapat dijelaskan bahwa Pemerintah Daerah merencanakan proses restorasi tahap pertama akan dilaksanakan dalam tahun anggaran 2018 ini,’’ ungkap Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah dalam sidang paripurna Senin (9/7/2018).

Dijelaskan, tertundanya proses restorasi tersebut karena terjadi perubahan metode pengadaan atas pertimbangan teknis yang disampaikan Kepala Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCP) Bali wilayah kerja Provinsi Bali, NTB, NTT, juga pertimbangan hukum dari lembaga yang berkompeten, sehingga berimplikasi kepada perubahan dokumen pelaksanaan anggaran.

Sementara dalam rangka mendorong pertumbuhan sektor pariwisata, Pemda mengaku senantiasa melakukan upaya-upaya pembenahan, baik dari aspek promosi, dukungan infrastruktur maupun sumber daya manusia.Sehingga kedepan sektor ini dapat secara konsisten berkontribusi bagi pertumbuhan ekonomi daerah.

Sidang paripurna DPRD Kabupaten Sumbawa tentang penyampaian pandangan fraksi-fraksi dewan

Pada sidang paripurna sebelumnya, juru bicara Fraksi Gerindra – Syarifuddin menyampaikan selamat kepada Pemkab Sumbawa karena Sumbawa merupakan salah satu daerah yang disinggahi dalam event Sail Indonesia. Namun menurutnya dibalik capain itu tersimpan luka yang mendalam bagi rakyat Tana Samawa. Sebab, salah satu icon Tana Samawa yaitu Istana Bala Putih masih menjadi pertanyaan, karena hingga kini belum diketahui kepastian akan di renopasikan atau diapakan Istana tersebut. Hal ini menjadi penting karena Istana tersebut tepat berada dijantung kota dan keberadaannya persis disebelah pendopo Bupati Sumbawa. ‘’Begitu pentingnya hal tersebut karena Istana itu mencerminkan nilai-nilai dan kearifan lokal kita sebagai Tau Samawa,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *