Sail Moyo Tambora Ajang Promosi Pariwisata Sumbawa di Tingkat Dunia

Sumbawa, PSnews – Sail Moyo Tambora 2018 merupakan branding nasional yang diangkat dalam event Rally Sail Indonesia, yang mana pada tahun ini Indonesia kembali mengambil bagian sebagai destinasi lintasan event internasional, World Sail 2018, yang akan dilalui ratusan kapal yacth dari berbagai Negara. Pada tahun-tahun sebelumnya, Indonesia sudah mengangkat branding Sail Sabang, Sail Karimata dan Sail Bunaken.

Kabag Humas dan Protokol Setda Sumbawa – Tajuddin pada Kamis (5/7/2018) menyatakan, Sail Moyo Tambora 2018 yang akan digelar pada tanggal 9 sampai dengan 22 September mendatang, merupakan momentum yang sangat tepat untuk memaksimalkan promosi pariwisata Sumbawa ke tingkat dunia. Karena pada event tersebut, sekitar 140 kapal yacth dari sekitar 35 negara akan melintasi jalur Sail Moyo Tambora di perairan Indonesia. ‘’Tahun ini para peserta World Sail 2018 sudah mulai berlayar dari dua lokasi start berbeda. Sebagian dari Darwin, Australia, dan sebagian lainnya dari Singapura sejak bulan Juni lalu,’’ jelasnya.

Menurutnya, Sail Moyo Tambora 2018 ini akan dilaunching di Jakarta pada tanggal 14-15 Agustus dengan menampilkan parade Budaya SASAMBO (Sasak-Samawa-Mbojo). Kemudian pada tanggal 4 September, kapal-kapal layar peserta World Sail 2018 ini akan berkumpul di kawasan Labuhan Bajo, Flores, NTT, untuk kemudian bersama-sama menuju lokasi puncak kegiatan di Labuhan Badas, Kabupaten Sumbawa. ‘’Selain dihadiri para diplomat sejumlah Negara, puncak kegiatan Sail Moyo Tambora di Labuhan Badas ini juga akan dihadiri langsung oleh Presiden RI dan sejumlah Menteri Kabinet Kerja,’’ ujarnya.

Disampaikan, para peserta World Sail 2018 ini akan singgah selama 4 hari di Sumbawa, yakni dari tanggal 9 sampai dengan 12 September, dan selanjutnya akan menuju Sape lalu bergerak ke Pulau Komodo dan berakhir di Labuhan Bajo. Selama 4 hari keberadaan para tamu mancanegara di Sumbawa, akan mengikuti beberapa rangkaian kegiatan, antara lain Opening Ceremony di Pelabuhan Badas, Welcome Dinner di Halaman Kantor Bupati Sumbawa, Culture Performance di Pelabuhan Badas, Expo Maritim and Tourism di Pelabuhan Badas, dan City Parade yang akan start dari Kantor Bupati Sumbawa dan finish di Lapangan Pahlawan Sumbawa Besar. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *