Sejumlah TPS di Sumbawa Tampilkan Etnik Adat Samawa

Sumbawa, PSnews – Ada yang unik dilakukan penyelenggara Pilkada NTB 2018 di Kabupaten Sumbawa untuk bisa menarik minat pemilih untuk mau menyalurkan hak pilihnya pada Rabu (27/6/2018). Seperti di beberapa Tempat Pemungutan Suara (TPS) di dalam Kota Sumbawa, yang menampilkan etnik adat Samawa.

Seperti di TPS 09 Lingkungan ‘Bala Kuning’ Kelurahan Seketeng Kecamatan Sumbawa, Petugas membuat TPS unik bertema etnik adat Sumbawa. Tujuannya agar pemilih lebih antusias untuk mencoblos.

Meskipun denah tidak diubah sesuai aturan, namun tetap disulap seperti tidak biasa. Mulai pintu masuk ke TPS diberi gapura bergambar dan pemilih disambut dengan “Sakeco” oleh salah satu kesenian khas Sumbawa.

TPS 09 Lingkungan ‘Bala Kuning’ Kelurahan Seketeng Kecamatan Sumbawa

Kemudian setelah memasuki halaman TPS, pemilih disambut para petugas yang menggunakan pakaian adat Sumbawa. Sambil menunggu giliran mencoblos, pemilih disajikan makanan Khas Sumbawa. Tidak hanya itu, setelah menyalurkan suaranya pemilih juga dapat mengikuti lomba balap karung yang diselenggarakan panitia.

Selain disitu, kreasi dengan nuansa etnik adat Samawa juga ditampilkan di sejumlah TPS lainnya. Seperti di TPS 04 Kelurahan Uma Sima, TPS 04 Kelurahan Brang Bara dan TPS 12 Dusun Pemulung. Sementara ada juga TPS lainnya yang bertemakan piala dunia 2018.

Ketua KPU  Kabupaten Sumbawa – Syukri Rahmat mengatakan, kreasi unik TPS patut diapresiasi karena menunjukan antusiasme masyarakat dalam mengikuti pergelaran Pilkada. Dengan tampilan unik, Pilkada juga memiliki kesan yang berbeda. Tidak diliputi rasa tegang, apalagi intimidasi namun berjalan asyik dan menyenangkan. ‘’Kami sebagai penyelenggara, atas nama besar KPU Sumbawa menyampaikan terima kasih kepada semua pihak, baik itu Camat, Lurah dan KPPS yang  bahu membahu menyelenggarakan proses pemungutan suara yang syarat dengan nilai edukasi yang dikemas dalam nuansa etnik,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *