Kemenkes Terjunkan Puluhan Tim Nusantara Sehat ke Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 30 Tim Nusantara Sehat Batch 9 diterjunkan ke Kabupaten Sumbawa. Ini merupakan program dari Kementerian Kesehatan RI. Dan penerimaan tim tersebut dilaksanakan di Aula Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa pada Selasa (5/6/2018).

Wakil Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang disampaikan oleh Asisten Perekonomian dan Pembangunan Setda Sumbawa – H Didi Darsani menyampaikan selamat bertugas kepada Tim Nusantara Sehat Batch 9 di Kabupaten Sumbawa. Disampaikan pula bahwa fokus kebijakan Kementerian Kesehatan RI (Kemenkes) untuk periode 2015 – 2019 adalah penguatan pelayanan kesehatan (Yankes) Primer. Prioritas tersebut didasari oleh permasalahan kesehatan yang mendesak seperti angka kematian ibu dan bayi yang masih tinggi, angka gizi buruk, serta angka harapan hidup di beberapa daerah di Indonesia, dimana hal tersebut sangat ditentukan oleh kualitas pelayanan primer. Adapun penguatan Yankes Primer mencakup tiga hal yaitu fisik (pembenahan infrastruktur), sarana (pembenahan fasilitas), dan Sumber Daya Manusia (penguatan tenaga kesehatan).

Diharapkan kepada Tim Nusantara Sehat yang bertugas, agar dapat mengaplikasikan pengetahuan dan keterampilan yang dimiliki bagi peningkatan kualitas layanan kesehatan di Kabupaten Sumbawa.

Sementara itu, Perwakilan Kementerian Kesehatan RI – Novie Benny menyatakan, Tim Nusantara Sehat yang akan bertugas selama 2 tahun di Kabupaten Sumbawa berjumlah 30 orang. Tim Nusanatara Sehat adalah bagian dari bela negara. Dan sudah dilatih selama 30 hari di Ciloto Jawa Barat, sehingga sudah dibekali dengan pelatihan bela negara.

Sebelumnya Sekretaris Dinas Kesehatan Sumbawa – Junaidi melaporkan, Nusantara Sehat merupakan program yang bertujuan untuk penguatan dan pemenuhan pelayanan kesehatan. Sumbawa menjadi salah satu lokasi penempatan program nusantara sehat karena jumlah tenaga kesehatan yang ada di Kabupaten Sumbawa di daerah sangat terpencil dan terpencil masih kurang. Program Nusantara sehat ini dilakukan melalui dua metode, yang pertama yaitu penempatan khusus tenaga kesehatan yang berbasis tim dan yang kedua pendatang khusus yang berbasis individu. Pada ke empat lokasi Puskesmas yang menjadi tempat tugas terdapat kedua metode tersebut. Jumlah petugas nusantara sehat sebanyak 30 orang yang dibagi kepada 4  kecamatan dengan rincian terdiri dari Puskesmas Kecamatan Ropang sebanyak 6 orang, Puskesmas Kecamatan Lantung 8 orang, Puskesmas Kecamatan Lenangguar 8 orang dan Puskesmas kecamatan Orong Telu 8 orang.

Program Nusantara Sehat bertujuan untuk menguatkan layanan kesehatan primer melalui peningkatan  akses dan kualitas pelayanan kesehatan dasar di daerah tertinggal, perbatasan dan kepulauan (DTPK) dan daerah bermasalah kesehatan (DBK) juga mempunyai  tujuan menjaga keberlangsungan pelayanan kesehatan, menggerakan pemberdayaan masyarakat dan dapat memberikan pelayanan kesehatan yang terintegrasi serta meningkatkan retensi tenaga kesehatan yang bertugas di DTPK. ‘’Program ini juga dirancang untuk mendukung pelaksanaan program Jaminan Kesehatan Nasional dan Kartu Indonesia Sehat yang diutamakan oleh pemerintah guna menciptakan masyarakat sehat yang mandiri dan berkeadilan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *