Pasar Murah Menyasar Wilayah Stunting

Sumbawa, PSnews – Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa akan menggelar pasar murah menjelang Idul Fitri mendatang. Pasar yang memperdagangkan berupa sembako tersebut menyasar wilayah stunting atau kurang mampu.

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa – Sirajuddin kepada wartawan menyampaikan setiap hari besar keagamaan pihaknya menggelar pasar murah. Tujuannya untuk meringkan beban warga kurang mampu. Pasar murah tersebut, akan difokuskan ke wilayah stunting. Dimana di Kabupaten Sumbawa ada 10 yang termasuk wilayah stunting. ‘’Saya lebih fokus kepada wilayah stunting. Tapi kami belum tentukan lokasinya,’’ ujarnya.

Tahun ini, ungkapnya, paket pasar murah yang digelar berkurang. Dari dua paket pada tahun 2017 lalu menjadi satu paket. Hal ini karena keterbatasan anggaran yang nilainya hanya Rp 50 juta saja.

Lebih jauh disampaikan, pihaknya juga telah memberikan bantuan sosial kepada warga kurang mampu saat menghadapi puasa, di Kecamatan Moyo Hilir beberapa hari lalu. Sebanyak 90 orang menerima bantuan berupa sembako, termasuk asupan gizi kepada balita. Masing-masing 50 orang di Dusun Nangalidam, Desa Olat Rawa dan 40 orang di Dusun Prajak, Desa batu Bangka.

Kedepan, pihaknya akan mengurangi bantuan-bantuan ini namun menggantikannya dengan program pengoptimalan perkarangan di Kawasan Rumah Pangan Lestari (KRPL). Hal ini untuk adanya pemanfaatan bagi warga yang berkepanjangan.  ‘’Itu sebagai stimulant saja. Tetapi kedepan  kita berharap kegiatan ini bisa kita kurangi, tinggal nanti dalam bentuk program. Mudah-mudahan tahun berikutnya, kegiatan yang mengarah kepada pembersdayaan, itu yang ingin kita tingkatkan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *