Wabup Sumbawa Kukuhkan Pengurus FAS

Sumbawa, PSnews – Wakil Bupati – H Mahmud Abdullah mengukuhkan pengurus Forum Anak Samawa (FAS) periode 2017-2019. Disampaikan, forum anak adalah wadah untuk menjembatani komunikasi dan interaksi antara pemerintah dengan anak-anak di seluruh Indonesia dalam rangka pemenuhan hak partisipasi anak. Selain itu, forum anak juga merupakan media, wadah atau perantara untuk memenuhi hak partisipasi anak sebagaimana ditegaskan secara khusus dalam pasal 10 Undang-Undang nomor 23 Tahun 2002, tentang perlindungan anak

‘’Forum anak sangat penting untuk memberikan pemahaman tentang bagaimana cara anak memperoleh empat hak dasarnya. Terutama mensosialisasikan agar anak-anak selaku generasi penerus bangsa tidak terlibat dalam hal-hal negatif seperti penggunaan narkoba, sex bebas, dan berbagai tindakan kriminal lainnya,’’ kata Wabup di Aula Madelaue ADT Kantor Bupati Sumbawa (7/5/2018).

Foto bersama Pengurus FAS 2017-2019 bersama Wabup Sumbawa

Lebih jauh dijelaskan, melalui forum anak yang telah dibentuk dapat menjadi wadah partisipasi anak dan media untuk mendengarkan serta menyuarakan aspirasi, pendapat dan harapan anak dalam proses pembangunan di Kabupaten Sumbawa. Forum Anak Samawa yang sudah terbentuk jangan hanya menampung partisipasi anak dari kelompok-kelompok yang sudah eksis, seperti OSIS, Pramuka, Remaja Mesjid dan sejenisnya. Forum Anak Samawa juga harus mampu menjangkau anak-anak termarjinalkan seperti anak jalanan, anak minoritas, anak berkebutuhan khusus dan anak-anak yang secara geografis terisolasi yaitu anak-anak yang berada di desa terpencil. ‘’Mudah-mudahan pelaksanaan kegiatan ini dapat memberikan hasil yang terbaik untuk kita bersama guna membangun kabubaten sumbawa yang layak anak, sumbawa hebat dan bermartabat harapan kita bersama,’’ harap Haji Mo.

Sebelumnya, Dewan Pembina Organisasi Anak Samawa – Farhan Abdullah membeberkan perjalanan panjang keberadaan FAS. Pada tahun 1999 di Kabupaten Sumbawa mendapat program pembinaan anak-anak dari organisasi internasional di bawah UNICEF yang bernama PLAN. Dari PLAN inilah lahir Dewan Anak Samawa (DAS) yang merupakan wadah anak-anak dari kecamatan yang ada di kota Sumbawa untuk menyuarakan hak-hak anak. Pada tahun 2002 DAS resmi dibentuk yang akhirnya sekarang berubah menjadi Forum Anak Samawa (FAS).

Dalam kegiatan itu, Amir Zaman Fikra Ranggabarani terpilih menjadi ketua Forum Anak Samawa periode 2017-2019. Turut hadir dalam acara pengukuhan tersebut anggota DPRD Propinsi NTB, Wakil Ketua DPRD Sumbawa, Kepala DP2KBP3A Sumbawa beserta jajaran, serta para anggota pengurus FAS beserta orang tua. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *