IPAL Pasar Brang Bara Segera Dibangun

Sumbawa, PSnews – Meskipun gedungnya sudah dibangun, namun fasilitas penunjang di Pasar Brang Bara Kecamatan Sumbawa belum lengkap. Salah satunya Instalasi Pengelolaan Air Limbah (IPAL), yang rencananya akan dibangun dalam tahun ini juga.

Hal itu diungkapkan Kabag Pembangunan Setda Sumbawa – Zainal Arifin kepada wartawan di ruang kerjanya. Pasar Brang Bara menurutnya merupakan pasar basah. Artinya disana nanti ada pedagang ikan dan daging yang memerlukan saluran untuk pembuangan limbah. Sehingga IPAL dirasa penting untuk dibangun. ‘’Itu bukan pasar kering, tapi itu pasar basah. Pasar basah itu supaya tidak melakukan pencemaran kepada lingkungan, maka perlu kita bangun IPAL,’’ tukasnya.

Saat proses pembangunan, lanjut Ipin – panggilan akrabnya, pihaknya sudah mempertanyakan terkait IPAL tersebut. Karena anggaran yang diberikan Pusat hanya untuk membangun gedung, makanya Bagian Pembangunan mencatatan pentingnya diusulkan pembangunan IPAL di tahun 2018.

Anggaran yang diusulkan untuk pembangunan IPAL ini sekitar Rp 100 juta lebih, dari APBD Kabupaten Sumbawa. ‘’Memang kemarin itu saya mengatakan kok dibangun pasar ini, mana IPALnya, dia (Salulran limbahnya) lari kemana? Makanya sebagai catatan kami pada saat saya turun selaku Bagian Pembangunan yang memiliki tugas dan fungsi melakukan monitoring dan pengendalian. Saya bilang kalau belum ada, berarti ini harus kita usulkan di tahun 2018. Dan Alhamdulillah itu sudah ada tersedia di APBD 2018. Tinggal di eksekusi, sambil sekarang kita mengurus surat hibah dari Pemerintah Pusat,’’ tandasnya.

Zainal Arifin

Terhadap belum bisa dimanfaatkannya pasar tersebut, pihaknya berharap kepada masyarakat, terutama para pedagang yang bakal menempati kios yang sudah terbangun, mohon kesabaran waktunya dalam rangka Pemda mencoba melakukan penyempurnaan. Arti penyempurnaan itu ada kesempurnaan secara tertib administrasi, yaitu adanya surat hibah dari Pemerintah Pusat ke Pemerintah Daerah untuk penggunaannya, dan juga disempurnakan kelengkapan utilitas ornamen yang ada untuk menunjang pasar tersebut. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *