Banyak OPD di Sumbawa Belum Isi SIEPOL

Sumbawa, PSnews – Bagian Pembangunan Setda Sumbawa meminta kepada seluruh OPD agar bisa mengupdate data di Sistem Informasi Evaluasi Pembangunan Online (SIEPOL). Hal ini dinilai penting, untuk mengetahui perkembangan informasi terkait pmbangunan yang ada di daerah.

Menurut Kabag Pembangunan – Zainal Arifin, masih banyak OPD yang belum begitu intens mengisi SIEPOL secara rutin. Seharusnya ini dilakukan setiap hari, agar pihaknya bisa dengan cepat mendapatkan informasi soal pembangunan di OPD dimaksud. ‘’Kendala selama ini tidak ada yang sampaikan laporan. Yang masuk ini hanya beberapa OPD saja yang rutin mengisi data itu. Seharusnya itu dilakukan setiap hari,’’ tuturnya kepada wartawan.

Bergagai upaya sudah dilakukan agar OPD bisa mengupdate informasi di SIEPOL. Dengan bersurat langsung ke OPD masing-masing, termasuk melalui WA admin SIEPOL. ‘’Supaya cepat ktia dapatkan informasi itu, kita bangun infrastruktur SIEPOL lewat perangkat lunak. SIEPOL itu sangat bagus buat kepala OPD. Karena di SIEPOL bisa dilihat sampai nama PPTK. Kita sangat berharap admin SIEPOL bisa menyampaikan ke kepala OPD kondisi OPDnya tingkat realisasi siapa yang belum jalan kegiatannya bisa ditegur, dievaluasi internal. Sayangnya ini beberapa OPD itu masih ada yang ogah-ogahan. Mudahan dengan surat kami yang terakhir kepada OPD ada perhatian terhadap program SIEPOL itu,’’ tukasnya.

Diungkapkan, data realisasi anggaran yang diperoleh dari SIEPOL baru diatas 10 persen. Namun pihaknya, secara riil realisasi anggaran sudah mencapai target untuk triwulan pertama 23 persen. ‘’Data SIEPOL itu untuk kita identifikasi anggaran yang sudah dikeluarkan dan sudah dipertanggungjawabkan. Untuk kita mendapatkan data riil kami mengidentifikasi disini, masih banyak OPD yang belum komit mengisi SIEPOL setiap hari, padahal itu sangat penting sekali. Dulu rutin setiap bulan OPD menampaikan laporan bulanan. Menurut saya penyerapan anggaran ini sudah sesuai target, hanya saja masih laporannya yang belum masuk dari mereka. Sehingga ini yang menyebabkan data itu masih diatas 10 perseen, dilihat dari data SIEPOL,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *