Dibutuhkan 15,57 Hektar Buka Jalan Lingkar Utara Alas

Sumbawa, PSnews – Pemda Sumbawa terus berupaya mengurai kemacetan yang terjadi di wilayah kota Kecamatan Alas. Yakni dengan membuka jalan lingkar utara Alas. Terhadap rencana tersebut, Pemda membutuhkan lahan sekitar 15,57 hektar.

Hal itu diungkapkan Kasubbag Pengadaan Tanah Bagian Pertanahan Setda Sumbawa – Surbini kepada media ini. Saat ini tahapan yang dilakukan untuk rencana pembangunan jalan dimaksud yakni tahap persiapan. Tim Pemda Sumbawa telah melakukan sosialisasi kepada warga di Kecamatan Alas dan Alas Barat yang terkena dampak dari pembangunan itu.

Dalam sosialisasi itu, lanjut Surbini, Tim memaparkan terkait rencana dimaksud. Dimana Pemda Sumbawa berencana mau melakukan pengadaan tanah untuk pembangunan jalan lingkar utara Alas, yang rencana panjang jalannya 5,19 Km dan lebar 30 meter, sehingga lahan yang dibutuhkan sekitar 15,57 hektar. ‘’Pada prinsipnya di Kecamatan Alas dan Alas Barat hasil sosialisasi itu, semua pihak yang ada disana mendukung pembangunan jalan lingkar utara Alas ini. Karena tujuannya untuk mengurai kemacetan di dalam kota kecamatan,’’ tuturnya.

Tindaklanjut dari sosialisasi itu, tambah Surbini, Tim Persiapan Pengadaan Tanah bersama Konsultan rencananya hari ini turun ke lapangan melakukan pendataan awal terhadp pemilik lahan yang terkena dampak. Setelah ada data, kemudian dilakukan konsultasi publik dengan menghadirkan semua pemilik lahan untuk membicarakan hal ini. ‘’Anggaran untuk ganti ruginya belum, rencananya diusulkan di APBDP 2018. Cuma yang ada sekarang anggaran untuk Tim Persiapan dan Appraisal, bersama biaya operasional Kanwil BPN NTB,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *