Pemda Susun Ranperda Pariwisata, Berharap Dukungan DPRD

Sumbawa, PSnews – Pemerintahan Kabupaten Sumbawa saat ini sedang menyusun regulasi untuk memperkuat program kepariwisataan di daerah. Seperti DPRD Sumbawa melalui Komisi IV mengusulkan lahirnya Ranperda tentang Pengelolaan Kepariwisataan Daerah, yang kini sedang dalam tahap pembahasan. Selain itu, pihaknya juga sedang menyusun Ranperda tentang Rencana Induk Pengembangan Pariwisata Daerah (RIPPDA).

Terhadap hal ini, Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Periwisata (Dispopar) – H Junaidi berharap agar dua Ranperda yang mendukung pariwisata daerah ini dapat disetujui menjadi Perda. Dua regulasi ini dijadikan pemacu dalam mengembangkan pariwista kedepan. ‘’Rancangan Perda ini kita harapkan bisa ditetapkan tahun ini sebagai Perda. Maka ini menjadi kekuatan besar bagi kita untuk bersama-sama melangkah lebih cepat kedepan dalam mengembangkan pariwisata,’’ tuturnya.

Ketika sudah ada regulasi yang mengatur tentang pariwisata, lanjut Haji Jun, maka Pemerintah Pusat maupun Provinsi diyakini akan lebih serius mendukung Pemda Sumbawa dalam mengembangkan pariwisata. Karena sudah dilihat dari keseriusan Pemkab yang salah satunya melahirkan Perda. ‘’Pemerintah yang lebih tinggi akan melihat keseriusan kita terhadap pariwisata. Lahirnya Perda ini salah satunya,’’ tukasnya.

Selain dukungan Pemerintah Pusat dan Provinsi, pihaknya juga berharap ada dukungan dari dunia usaha terhadap Pemda Sumbawa dalam mendorong pariwisata daerah semakin maju. Sebab hal ini juga dinilai akan berpengaruh terhadap perekonomian masyarakat, salah satunya terbukanya lapangan kerja, serta lainnya. ‘’Tentu harus bersama-sama. Memang pariwisata tidak bisa secepat kita membalik telapak tangan, tapi paling tidak kita sudah ada kemajuan. Makanya kami di Dinas mendorong percepatan terbentuknya seluruh kelompok maupun lembaga dalam mendukung pariwisata,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *