Diskominfotik Siapkan Dokumen Sumbawa Dalam Angka

Sumbawa, PSnews – Rapat koordinasi persiapan penyusunan dokumen Sumbawa dalam angka tahun 2017 yang berlangsung di Aula Kantor Badan Pusat Statistik Kab. Sumbawa, Rabu (11/4/2018) menghasilkan kesepakatan bentuk format yang sama dan waktu penyebaran format serta kapan format harus dikembalikan.

Kepala Dinas Kominfotik Sumbawa – H Ibrahim dalam sambutannya menyatakan, sector statistik hari ini menjadi hal yang sangat penting bagi keakuratan penyusunan satu kebijakan dalam pembangunan, dimana angka-angka statistik yang disusun digunakan untuk memformulasikan kebijakan pemerintah kedepan. ‘’Oleh karenanya penyamaan persepsi tentang data ini menjadi sangat penting. Sehingga data yang tersaji nantinya tidak lagi jauh berbeda tambahnya,’’ tuturnya.

Namun demikian lanjutnya, adanya perbedaan variable yang digunakan oleh BPS dan pihak pemda membuat persoalan tersendiri dalam penyusunan data statistic. ‘’Untuk itu penyamaan persepsi dan format-format yang digunakan menjadi sangat penting,’’ ujarnya.

Pihaknya berharap agar kerjasama yang sudah terjalin selama ini antara Pemerintah Kabupaten Sumbawa dan BPS Sumbawa tetap bisa terjaga, sehingga kebijakan pemerintah dalam pembangunan menjadi lebih baik.

Dalam kegiatan itu, pihak BPS berharap agar data yang tersaji tepat waktu dan semakin baik, perlu ada intervensi dari pimpinan daerah kepada OPD-OPD terkai. Dalam penyusunan data statistic daerah perlu diperhatikan yang disebut sebagai data strategis Kabupaten seperti data PDRB/pertumbuhan ekonomi dan IPM, data pendapatan dan pengeluaran, data inflasi, data kemiskinan dan ketimpangan serta data pengangguran. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *