Dinas Pangan Segera Benahi Lumbung Pangan

Sumbawa, PSnews – Kabupaten Sumbawa hingga saat ini memiliki 43 lumbung pangan yang tersebar di 24 kecamatan. Dari jumlah tersebut, beberapa ada yang belum bergerak. Sehingga Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa akan melakukan pembenahan dalam waktu dekat.

Kepala Dinas Pangan Kabupaten Sumbawa – Syirajuddin menyampaikan, pihaknya akan melakukan pembenahan lumbung pangan yang belum bergerak di tahun 2018. Termasuk mengevaluasi untuk penataan kelompok-kelompok lumbung tersebut. ‘’Kita lakukan pembinaan. Sehingga ketersediaan lumbung itu bermanfaat kepada masyarakat yang ada disekitar itu,’’ ujarnya kepada wartawan.

Diterangkan, meskipun saat ini manajemen Gapoktan dalam pembenahan. Namun pihaknya akan mendata berapa jumlah lumbung yang sudah produksi dan berapa yang belum. Sehingga dengan data tersebut akan digunakan sebagai perencanaan kedepan.

Hingga sekarang, lanjutnya, stok pangan untuk Kabupaten Sumbawa masih aman. Demikian pula dengan harga beli kepada petani yang berada di atas harga penetapan pemerintah (HPP). ‘’Terhadap stok kita itu aman. Untuk harga sekarang kisaran Rp 4.100 per kilogram gabah kering di tingkat petani. Sudah di atas HPP kita,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *