211 Peserta Ikuti MTQ tingkat Kecamatan Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Sekitar 211 peserta mengikuti Musabaqah Tilawatil Quran (MTQ) ke 32 tahun 2018 tingkat Kecamatan Sumbawa, yang digelar Lembaga Pengembangan Tilawatil Quran (LPTQ) Kecamatan Sumbawa bersama pihak terkait lainnya.

Dalam laporannya pada pembukaan MTQ Sabtu (3/3/2018), Ketua Panitia Penyelenggara – Ismail mengungkapkan, kegiatan ini mengusung tema, dengan semangat musabaqah tilawatil quran ke 32 tahun 2018 tingkat Kecamatan Sumbawa, kita bangkitkan jiwa dan seangat untuk pendalaman makna dan kandungan Al-Quran menuju Sumbawa hebat dan bermartabat.

Adapun tujuan kegiatan ini menampilkan beberapa cabang, seperti tilawah, tartil, tahfiz, tafsir, tahmil, syaril, musabaqah menulis makalah alquran, serta lainnya. Kemudian terseleksinya qari dan qariah yang akan menjadi duta Kecamatan Sumbawa pada MTQ tingkat Kabupaten Sumbawa yang akan dilaksanakan di Kecamatan Tarano pada Agustus atau September mendatang. Serta terseleksinya kasidah rebana terbaik di Kecamatan Sumbawa.

Kegiatan ini dijadwalkan 3 hingga 7 Maret 2018, yang diikuti sebanyak 211 peserta. Ada beberapa arena yang digunakan dalam MTQ ini, lokasi utama di kantor Camat Sumbawa, Masjid Jami Kelurahan Samapuin, aula kantor Lurah Bugis, aula MAN 1 Sumbawa, SMA Muhammadiyah, SMAN 3 Sumbawa. ‘’Pemenang MTQ akan mendapatkan piala tetap, uang pembianaan, dan piagam penghargaan. Juara umum akan mendapatkan piala bergilir, uang pembinaan dan piagam penghargaan. Untuk kasidah, akan ditetapkan juara 1, 2 dan 3,’’ terangnya.

Sementara Camat Sumbawa – Varian Bintoro dalam sambutannya menyatakan, dilaksanakannya MTQ ini secara bergantian ditiap Kelurahan, karena pihaknya menginginkan LPTQ Kecamatan memiliki peran yang besar dalam segala hal. Artinya tidak hanya sebagai lembaga yang dibentuk, kemudian berperan pada saat MTQ saja. LPTQ Kecamatan Sumbawa juga diharap bertanggungjawab memantau terus anak didik menjadi kafilah, menjadi peserta masing-masing kelurahan, kemudian ditingkat Kecamatan. ‘’Setelah pelaksanaan MTQ ini, kami harap LPTQ tetap melakukan pembinaan, pemantapan terhadap utusan Kecamatan Sumbawa. Sehingga kita sama-sama berjuang untuk menjadi sukses,’’ ujarnya.

Selain itu pihaknya juga berharap dewa juri yang ada, betul-betul melaksanakan amanat yang diberikan. Sehingga memberikan hasil yang maksimal. ‘’Dewan juri yang ada, juga merupakan dewan juri yang ada ditingkat Kabupaten. Sehingga kami berharap, yang tesaring nanti untuk mewakili Kecamatan Sumbawa ditingkat Kabupaten, betul-betul yang terbaik,’’ harapnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *