Ratusan Pesilat Remaja Sumbawa Adu Kehebatan

Sumbawa, PSnews – Sekitar 300 pesilat remaja jenjang SMP dan SMA sederajat dari seluruh Kecamatan di Kabupaten Sumbawa beradu kehebatan dalam kejuaraan Sumbawa Open Pencak Silat Championship. Kegiatan ini dijadwalkan pada 24 hingga 26 Februari di padepokan KONI Kabupaten Sumbawa.

Menurut Ketua Panitia Penyelenggara – Jufriadi, tujuan kegiatan ini untuk terciptanya kesempatan mengembangkan potensi diri, khususnya dalam bidang olahraga dari sejak dini/remaja. Menggali potensi calon generasi muda dalam bidang olahraga khususnya pencak silat. Meningkatkan prestasi olahraga pencak silat. Membentuk sikap profesionalisme sejak dini. Menjalin hubungan silaturrahim dan mempererat hubungan antar sesama anggota pencak silat. Untuk meningkatkan rasa kecintaan terhadap budaya bangsa, yaitu pencak silat. ‘’Dengan melibatkan seluruh pesilat dari sekolah-sekolah yang berada di seluruh kecamatan yang berada di Kabupaten Sumbawa diharapkan acara ini benar-benar sesuai mutu seni beladiri yang mencirikan keagungan budaya bangsa Indonesia, serta dapat senantiasa melestarikan dan mengembangkan secara luas,’’ tuturnya.

Ketua IPSI Sumbawa – Kamaluddin menyatakan, kegiatan ini penting untuk membangun karakter para remaja yang menjadi peserta. Sehingga Ia berpesan agar peserta yang bertanding jangan sekedar mengikuti sebuah kompetisi, tetapi untuk membangun kebersamaan silat di IPSI. ‘’Saya berpesan juga kepada juru wasit, jadilah sebagai pengadil yang betul berperan obyektif. Sehingga tidak terjadi persoalan dalam olahraga,’’ pintanya.

Ditempat yang sama Sekretaris KONI Sumbawa – Tata Kostara mengapresiasi kegiatan yang digelar IPSI. Karena dalam beberapa tahun terakhir, event seperti ini kian meredup. ‘’Alhamdulillah dengan Ketua dan pengurus yang baru saat ini mulai ada geliat, ada semangat IPSI untuk kembali bangkit di Tana Samawa,’’ ujarnya.

Sementara Wakil Ketua DPRD Sumbawa – A Rahman Alamudy mengakui, kegiatan ini bisa menghindari waktu yang tidak produktif bagi para pelajar. ‘’Dengan adanya ini, konsentrasi pemuda bisa selamanya ada waktu yang dimanfaatkan secara produktif oleh anak-anak kita. Pemuda hari ini, pemimpin kita di masa depan. Jangan disia-siakan, ikhtiar, dan selalu berdoa,’’ tukasnya.

Mewakili Bupati Sumbawa, Staf Ahli Bupati Bidang Sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan – A Yani berharap kepada para pesilat yang bertanding, semoga event ini dapat menjadi wahana untuk dapat menambah pengalaman bertanding, serta memupuk semangat kebersamaan dan sportivitas. Kepada para pengurus agar dapat membangun komitmen dan melakukan terobosan-terobosan baru dalam mengoptimalkan pembinaan olahraga khsusunya pencak silat di Kabupaten Sumbawa. Karena semakin banyak event-event kompetisi seperti ini, maka semakin tinggi jam terbang para atlet, tentunya dapat menambah motivasi dan rasa percaya diri dalam mengembangkan bakat dan profesionalismenya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *