Pembangunan Jalan Lingkar Utara Alas Dapat Dukungan Dewan

Sumbawa, PSnews – Sejumlah Anggota DPRD Sumbawa khususnya yang berasal dari daerah pemilihan IV mengaku sangat mendukung adanya rencana Pemda Sumbawa yang ingin membangun jalan lingkar utara di Kecamatan Alas hingga ke Alas Barar. Dimana dalam tahun ini mulai dipersiapkan pengadaan lahannya.

Abdul Rafiq dari Fraksi PDIP DPRD Sumbawa mengakui rencana ini sangat luar biasa. Apalagi itu sudah sangat diharapkan oleh masyarakat sekitar sejak lama. ‘’Saya yang menjadi representasi wilayah dapil IV khsusunya Alas merasa bersyukur dengan Pemerintah Daerah yang telah mengupayakan dan InsyaAllah akan berhasil membuka jalan lingkar utara di Kecamata Alas,’’ ujarnya kepada media ini Selasa (23/1/2018)

Jalan lingkar tersebut nantinya diyakini akan mengurangi intensitas kendaraan didalam kota Alas. Selain itu, multyplier effect dengan adanya jalan tersebut juga dinilai positif bagi masyarakat. Dimana masyarakat bisa membuka usaha disepanjang jalan, karena rencana jalan itu melalui daerah pinggir pantai. ‘’Potensi sangat luar baisa disitu. Ada potensi wisata, karena itu darah pinggir pantai. Begitu juga perikanan dan perekonomian masyarakat,’’ tukasnya.

Ia mengaku percaya kepada Pemda Sumbawa yang akan berkerja secara profesional untuk proses pengadaan lahan. Pihaknya juga siap turun ke lapangan untuk memberikan jaminan ke masyarakat kalau selama proses pengadaan lahan tidak akan ada persoalan yang terjadi. ‘’Informasi yang kami dapat itu dari Labuhan Alas sampai Gontar Baru AlasBarat. Karena memang jalur dalam kota Alas itu sudah tidak memungkinkan lagi, padat. Aementara Alas itu daerah transit yang dilalui kendaraan dari wilayah timur ke barat, maupun sebaliknya,’’ ujarnya.

Hal yang sama disampaikan Anggota Dewan lainnya dari Fraksi Demokrat – Basaruddin, yang setuju dengan rencana tersebut. ‘’Memang kalau tanggapan masyarakat secara umum dengan dibuka jalan lingkar utara sangat positif. Karena Alas selama ini jalur tunggal, setiap hari di pasar terjadi kemacetan. Dengan adanya jalanl lingkar utara itu salah satu solusi untuk mencegah kemacetan di Alas,’’ kata Bace – akrabnya yang juga Anggota Dewan dari dapil IV.

Informasi yang diterima, beberapa waktu lalu ada turun tim untuk melakukan survey lokasi. Sehingga tahun ini rencana dilakukan pembebasan lahan masyarakat yang terkena dampak. ‘’Kalau jalan itu dibangun, maka harus dengan jembatan. Karena penghubung jalan lingkar utara itu keluarnya di Alas Barat,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *