13 Lintas Etnis Meriahkan HUT Sumbawa ke-59

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 13 lintas etnis semarakan HUT Sumbawa ke-59 tahun 2018 dalam pegelaran pesta rakyat, yang digelar di Taman Mangga Sumbawa, Senin (22/1/2018). Masing-masing etnis ini menunjukan keanekaragaman yang dimiliki, terutama dalam hal kuliner dan atraksi.

Adapun ketiga belas etnis tersebut yakni, etnis sasak samawa, etnis jawa samawa, etnis minang samawa, etnis tionghoa samawa, etnis flobamora samawa, etnis bali samawa, etnis madura samawa, etnis arab samawa, etnis batak samawa, etnis mbojo samawa, etnis sulawesi samawa, etnis sunda samawa, dan etnis samawa.

Dalam sambutannya, Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril menyampaikan, pesta rakyat lintas etnis sebenarnya sudah diawali pada tahun 2017 lalu. Adanya 13 etnis yang turut serta dalam menyemarakan HUT Kabupaten Sumbawa sebagai bentuk pemersatu di tengah masyarakat.

Perbedaan pada setiap etnis, terang Bupati, menjadi sebuah hal yang unik ketika dapat menyatu dalam kebersamaan. Perbedaan ini pun tidak harus disamakan menjadi satu budaya yakni sumbawa, melainkan harus dapat dipersandingkan untuk menunjukan inilah Indonesia kecil yang ada di Sumbawa. ‘’Insya Alllah kegiatan ini akan berlanjut,’’ ujar Bupati.

Dalam kesempatan ini, Bupati juga mengajak ketiga belas etnis yang ada secara bersama-sama ikut dalam membangun Kabupaten Sumbawa. Sebab inilah yang membuat Kabupaten Sumbawa lebih terlihat hebat. ‘’Hajat saya satu saja, mari membangun sumbawa. Dengan perbedaan etnis kita sepakat, satu bahasa yaitu bahasa indonesia yang kita pelihara dengan baik. Mari membaur kita semua, InsyaAllah perbedaan itulah yang menjadikan nikmat dalam berbangsa,’’ pungkasnya.

Selain dimeriahkan oleh 13 lintas etnis, dalam pesta rakyat tersebut juga diikuti Klinik Surya Medika PKU Muhammadiyah Sumbawa, yang memberikan pelayanan kesehatan gratis bagi pengunjung yang hadir. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *