Wartawan dan Kejaksaan Lakukan Tanam Pohon dan Tebar Benih Ikan

Sumbawa, PSnews – Memeriahkan HUT Kabupaten Sumbawa ke-59, yang jatuh pada tanggal 22 Januari mendatang, Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Cabang Sumbawa dan Kejaksaan Negeri (Kejari) Sumbawa Besar menggelar kegiatan sosial, diantaranya gotong royong di pesisir pantai, pelepasan benih ikan, penanaman pohon dan penyuluhan hukum, pada Jumat (19/1/2018).

Kegiatan gotong royong dilakukan di Pantai Saliper Ate. Sebelumnya dilakukan senam massal yang diikuti Wakil Bupati Sumbawa, Sekda, Kapolres, Pimpinan DPRD Sumbawa, jajaran Polres dan TNI, sejumlah ASN, terutama Kajari dan jajarannya, serta para wartawan di Sumbawa.

Kejari Sumbawa Besar dan wartawan melakukan pembersihan pantai

Kegiatan kemudian dilanjutkan ke Bendungan Batu Bulan. Di sana dilakukan pelepasan sebanyak 30 ribu bibit ikan berbagai jenis dan penanaman bibit pohon. Setelah itu dilanjutkan kembali dengan Penyuluhan Hukum yang diikuti masyarakat Kecamatan Moyo Hulu di kantor Bendungan Batu Bulan. Adapun materi yang disampaikan terkait kasus Illegal Logging. Dalam kegiatan itu, bertindak selaku pemateri yakni Kasi Intel, Erwin Indrapraja, SH., MH, Kasi Pidsus, Anak Agung Raka PD, SH, Kasi Pidum, Feddy Hantyo Hugroho, SH, dan Kasi Datun Kejari Sumbawa, Jeffry Lokopessy, SH.

Penanaman pohon di Moyohulu

Wakil Bupati Sumbawa – Mahmud Abdullah menilai kegiatan ini sangat bermanfaat bagi masyarakat, terutama penanaman pohon yang dilakukan di Bendungan Batu Bulan. Hal ini penting mengingat saat musim kering mata air kekeringan dan berkurang. Sementara pada musim hujan, wilayah Sumbawa rentan dengan banjir. Menurutnya kejadian tersebut disebabkan oleh berkurangnya pohon di hutan akibat ilegal loging.

Untuk itu, Wabup berharap kegiatan penanaman pohon ini dapat memotivasi masyarakat supaya nantinya bisa melakukan penanaman pohon di wilayah masing-masing. Masyarakat juga harus selalu memelihara keberadaan pohon demi generasi kedepannya. Termasuk Kepala desa setempat juga harus menangkap peluang ini agar kegiatannya dilanjutkan seterusnya. “Saya juga meminta instansi lainnya untuk dapat melaksanakan kegiatan serupa. Apa yang dilakukan oleh PWI dan Kejaksaan ini patut dijadikan contoh. PWI juga bisa bekerjasama dengan instansi lain untuk melaksanakan kegiatan bakti sosial,’’ tutur Haji Mo.

Kajari Sumbawa – Paryono SH, MH mengungkapkan, kegiatan ini dilaksanakan untuk memeriahkan HUT Kabupaten Sumbawa ke-59. Kegiatan ini merupakan bentuk kepedulian antar sesama dan lingkungan. Adapun tema yang diusung dalam kegiatan ini adalah “Pers dan Adhyaksa Peduli Sesama Menuju Sumbawa yang Hebat dan Bermartabat”. “Sesuai dengan tema, Kejari bersama PWI Sumbawa melaksanakan kegiatan pembersihan pantai, penanaman pohon, pelepasan benih ikan dan Penyuluhan Hukum,’’ paparnya.

Menurutnya penanaman pohon penting dilakukan sebab keberadaan hutan sangat penting bagi kehidupan. Jika terjadi kerusakan hutan, maka akan berdampak pada perubahan iklim, sehingga kegiatan penanaman pohon ini diharapkan bisa menumbuhkan kesadaran masyarakat akan pentingnya hutan. Menjadi kewajiban bersama juga untuk melestarikan dan memberikan pemahaman terkait bahayanya ilegal loging. “Saya harapkan kegiatan ini dapat ditularkan kepada masyarakat untuk bersama-sama menjaga kelestarian lingkungan. Dan meminimalisir risiko terjadinya bencana alam,’’ ujarnya.

Sementara itu, Ketua PWI Sumbawa – Jamhur Husain menyatakan, ini adalah kegiatan pertama yang dilakukan PWI dengan Kejari Sumbawa. Meski demikian, PWI Sumbawa tetap profesional dalam pemberitaan. PWI Sumbawa juga siap untuk bekerjasama dengan instansi lain untuk melaksanakan kegiatan serupa. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *