Warga Karang Cemes Dapat Pelayanan KB Gratis

Sumbawa, PSnews – Menyambut HUT Kabupaten Sumbawa ke 59 tahun 2018, Pemda Sumbawa melaksanakan kegiatan pelayanan KB gratis Metode Kontrasepsi Jangka Panjang (MKJP). Kegiatan ini terlaksana di Lingkungan Surya Bhakti atau lebih dikenal dengan nama Karang Cemes di Kelurahan Pekat Kecamatan Sumbawa pada Rabu (17/1/2018).

Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah dalam sambutannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk memberikan pelayanan KB secara mudah kepada masyarakat, dengan tidak dipungut biaya (gratis). Dilaksanakan langsung di Lingkungan Karang Cemes yang merupakan Kampung KB ini, diharapkan agar masyarakat dapat langsung terlayani dengan baik, sehingga kesejahteraan masyarakat diharapkan pula dapat meningkat.

Dalam kesempatan itu, Haji Mo – panggilan akrab Wabup, berharap kedepannya agar semua OPD dapat saling bersinergi untuk kemajuan Karang Cemes, sehingga lingkungan sekitar sebagai kampung KB dapat memperoleh prestasi, seperti penghargaan yang telah diterima oleh Kampung KB Dusun Batu Nisung beberapa waktu yang lalu.

Selain itu, Wabup juga meminta Dinas Sosial agar dapat mengaitkan kegiatan ini dengan hasil SLRT (Sistem Layanan Rujukan Terpadu), dengan mendata jumlah warga miskin yang ada di Lingkungan Surya Bhakti Kelurahan Pekat. Sementara kepada Dinas Perumahan Rakyat dan Kawasan Permukiman (PRKP) agar dapat membenahi Kampung Cemes sehingga dapat tertata dengan baik.

Sementara, Kepala Dinas P2KBP3A Sumbawa – Ibrahim Patawari dalam laporannya menyatakan, pelayanan KB gratis ini diikuti 44 orang akseptor KB. Sebanyak 18 orang menggunakan akseptor KB IUD yang dilayani di Puskesmas Seketeng dan di Mobil Muyan (mobil khusus untuk pelayanan KB) yang telah disediakan panitia, dan 27 orang akseptor KB langsung dilayani di dalam masjid oleh tenaga medis dan bidan yang dibantu oleh mahasiswa KKN dari Poltekes Mataram. ‘’Kami harap keberadaan 30 orang mahasiswa KKN ini dapat memberikan informasi-informasi positif bagi masyarakat di Lingkungan Surya Bhakti,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment