Pembayaran Lahan Beringin Sila Ditargetkan Tuntas Pekan Depan

Sumbawa, PSnews – Bagian Pertanahan Setda Sumbawa menargetkan pelunasan ganti kerugian lahan guna pembangunan Bendungan Beringin Sila di Kecamatan Utan dapat dilakukan pekan depan. Menyusul telah dilakukan pertemuan dengan para warga yang terkena dampak, untuk proses pelunasan dimaksud pada Kamis (18/1/2018) di aula lantai III kantor Bupati Sumbawa.

Hal itu disampaikan Kabag Pertanahan – Abdul Haris didampingi Kasubbag Pengadaan Tanah – Surbini kepada media ini usai kegiatan. Pada tahun 2017 Pemda telah melakukan pembayaran ganti kerugian tahap pertama sekitar 50 persen, dengan pagu anggaran yang disediakan sekitar Rp 10 miliar dari nilai appraisal sebesar Rp 16,600 miliar lebih. Itu untuk 139 bidang tanah.

Sehingga dalam tahun ini, masih ada sisa sekitar Rp 6,6 miliar yang harus dilunaskan kepada para warga terdampak. Untuk itu, BPN bersama Pemda Sumbawa mengundang para warga untuk melakukan proses lanjutan untuk pelunasan tersebut di kantor Bupati. Di lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa, Pemerintah mengundang pihak yang berhak di pengadaan tanah Bendungan Bringin Sila untuk melakukan pembayaran ganti rugi tahap kedua,’’ ungkapnya.

Dalam pertemuan itu, sebagian besar masyarakat sudah menandatangani berkas untuk pembayaran. Sehingga diperkirakan uang pelunasan akan masuk ke rekening masing-masing warga sekitar minggu depan. ‘’Target kami untuk Bendungan Beringin Sila itu pembayaran ganti rugi ini harus selesai minggu ketiga bulan Januari sudah masuk ke rekening masing-masing. Sehingga dikemudian hari tidak ada permasalahan terhadap ganti rugi ini,’’ tandasnya. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *