Pasar Brang Bara Segera Diisi Ratusan Pedagang

Sumbawa, PSnews – Pembangunan fisik Pasar Brang Bara sudah tuntas. Badan Pendapatan Daerah (Bapenda) Kabupaten Sumbawa bakal melakukan pembenahan terhadap bangunan dimaksud. Termasuk segera menyiapkan penempatan para pedagang di pasar tersebut, yang jumlahnya ratusan orang.

Kabid Pasar Bapenda Sumbawa – Arif Alamsyah mengungkapkan, daya tampung pasar Brang Bara sebanyak 232 pedagang. Pihaknya akan memprioritaskan pedagang lama untuk mengisi pasar tersebut. Baru kemudian dilanjutkan dengan menempatkan pedagang ikan dan sayur yang selama ini berjualan di Pasar Seketeng. Itu dilakukan untuk mengurangi sesaknya pasar Seketeng. ‘’Pedagang lama dulu kita masukkan. Baru kemudian diisi pedagang yang akan mendaftar. Kalau banyak yang mendaftar, maka akan diundi, agar mendapat kesempatan dan posisi yang sama,’’ tuturnya.

Diungkapkan, dalam pasar Brang Bara yang baru ini terdapat 35 kios dengan masing-masing ukuran 2 meter kali 2,5 meter, serta 198 meja. Sehingga total dapat menampung 232 pedagang. Penempatan pedagang, baru akan dilakukan setelah ada penyerahan dari Dinas Koperindag ke Bapenda. Setelah nanti ada penyerahan hibah dari pemerintah pusat ke Kabupaten. ‘’Akan ada surat dari Menteri Perdagangan untuk aktivasi pasar. Hanya tidak boleh menarik retribusi sebelum surat hibah dari pusat ke daerah keluar,’’ tandasnya.

Menurutnya, Bapenda dalam tahun ini akan membangun lahan parkir, pagar keliling dan drainase. Agar pasar ini nyaman buat pedagang dan masyarakat. Kemudian nantinya ada pula program pemberdayana pasar dari Kementrian Perdagangan. Tidak hanya bentuk revitalisasi fisik pasar, tetapi juga revitalisasi manajemen dan sosial. Salah satu bentuk programnya, sekolah pasar untuk pedagang dan pengelola. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *