Beras Bansos Akan Dibagikan Gratis ke KPM

Sumbawa, PSnews – Setelah berganti nama dari Beras Miskin (Raskin) ke Beras Sejahtera (Rastra). Kini nama tersebut berubah lagi menjadi Beras Bantuan Sosial (Bansos). Selain nama, berat beras yang dibagikan ke Keluarga Penerima Manfaat (KPM) pun berubah, yang sebelumnya 15 Kg kini menjadi 10 Kg. Meski berkurang, beras Bansos tersebut tidak lagi dikenakan biaya, tetapi dibagikan secara gratis kepada KPM. Dengan begitu, ketika nantinya ada dipungut biaya, maka perlu dipertanyakan.

Kepala Perum Bulog Sub Divre Sumbawa – Lalu Tawang kepada wartawan mengungkapkan, saat dinamakan Rastra KPM diberikan 15 Kg beras dengan diwajibkan membayar Rp 1.600 perkilogramnya. Sementara Bansos hanya menerima 10 Kg beras namun tidak dibayar. Artinya KPM akan diberikan secara gratis. ‘’Untuk jumlah KPM nya sama dengan tahun sebelumnya. Hanya saja jumlah yang diterima dari yang dulunya 15 kilogram menjadi 10 kilogram. KPM yang menerima juga tidak membayar atau diberikan gratis,’’ terangnya.

Dalam pendistribusian beras Bansos, pihaknya tetap mengacu kepada Rastra. Tugas dari Bulog membawa dari gudang untuk didistribusikan ke lokasi yang ditunjuk oleh Pemerintah Daerah, baik ke Desa maupun kelurahan.

Sementara untuk pembagiannya sendiri, lanjut Lalu Tawang, itu tugas dari pihak desa dan kelurahan yang menyalurkan ke dusun, RW dan RT untuk diberikan kepada penerima. Jika nantinya dalam pembagian adanya ditarik biaya, maka bukan menjadi kewenangan Bulog. ‘’Kita membawa dari gudang Bulog sampai titik distribusi yang ditunjuk oleh Pemda. Itu nanti kita distribusikan ke kantor desa dan kelurahan, untuk dilanjutkan ke Dusun, RW dan RT. Dan itu bukan kewenangan kita,’’ terangnya.

Untuk pendistribusian, Bulog saat ini sedang menunggu instruksi dari Pusat. Dimana prosesnya,Bulog sebagai penyedia bahan menunggu pagu Pusat. Selanjutnya pagu Pusat akan dijadikan bahan oleh setiap Provinsi untuk diterbitkannya Pagu Gubernur. Setelah Pagu Gubernur diterbitkan maka setiap KabupatenKota sesuai dengan data yang lama akan melakukan pendistribusian. ‘’Kita lagi menunggu instruksi untuk penyalurannya. Tapi biasanya kalau bansos itu setiap tanggal 25 setiap bulannya didistribusikan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *