Rencana Jalan Lingkar Utara Alas Mulai Dipersiapkan

Sumbawa, PSnews – Rencana pembangunan jalan lingkar utara di Kecamatan Alas sepertinya bakal terwujud. Karena Pemerintah Daerah dalam tahun ini mulai mempersiapkan pengadaan lahannya.

Kabag Pertanahan Setda Sumbawa melalui Kasubbag Pengadaan Tanah – Surbini kepada wartawan Kamis (11/1/2018) menjelaskan, ada beberapa tahapan yang harus dilakukan Pemda Sumbawa untuk mewujudkan hal tersebut. Mulai dari perencanraan dengan menyusun beberapa dokumen pendukung, seperti Feasibility Study (FS) dan juga Analisis Dampak Lingkungan (Amdal). Mengingat ini merupakan pengadaan tanah skala besar diatas 5 hektare. ‘’Ada satu kegiatan tambahan di tahun ini, rencananya jalan lingkar utara Alas. Kita akan laksanakan pengadaan tanahnya. Karena ini diatas 5 hektare, jadi telebih dahulu kami koordinasi dengan instansi terkait untuk dokumen yang harus dilengkapi. Baru kami dari Bagian Pertanahan bisa melakukukan kegiatan pengadaan tanah,’’ terangnya.

Hasil koordinasi Bagian Pertanahan dengan Dinas PUPR, untuk FS jalan lingkar utara Alas ini sudah ada, termasuk Amdalnya. Tinggal pihaknya menyusun dokumen perencanaan. Dimana dokumen ini nantinya sebagai dasar Bupati menetapkan SK Tim Persiapan. ‘’Tim persiapan akan bekerja sekitar empat bulan untuk menerbitkan SK penetapan lokasi. Baru nanti dilanjutkan ke proses lainnya, seperti dialog dengan masyarakat, identifikasi pendataan awal untuk jalur-jalur yang akan digunakan, serta lainnya,’’ tuturnya.

Pihaknya berharap tidak ada kendala dalam rencana pengadaan lahan tersebut. Agar semua tahapan, termasuk penilaian appraisal hingga proses ganti kerugian bisa tuntas dalam tahun ini. ‘’Tahun ini akan kita mulai. Untuk jalan lingkar utara Alas ini untuk sementara dianggarkan dana untuk persiapan pengadaan tanah. Karena perencanaan FS sudah ada. Sementarauntuk pembayaran ganti ruginya belum. Kalau tidak ada masalah kedepannya dan bisa cepat, maka bisa kita siapkan di APBD Perubahan,’’ demikian Surbini. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *