Bappeda Siapkan Usulan Pembangunan Dermaga di Ai Bari

Sumbawa, PSnews – Guna mendukung pengembangan kawasan Teluk Saleh, Pulau Moyo dan Gunung Tambora (Samota), Pemda Sumbawa bersama Pemprov NTB sedang menyiapkan usulan untuk pembangunan dermaga bagi kapal roro di wilayah Ai Bari Kecamatan Moyo Utara.

‘’Kita sedang mempersiapkan untuk pengusulan bersama Provinsi, kita berharap ada dermaga, bahkan dermaga kapal roro yang kita inginkan,’’ kata Kepala Bappeda Kabupaten Sumbawa – H Iskandar kepada wartawan.

Terhadap rencana tersebut, pihaknya berharap juga ada dukungan dari Tim Percepatan Samota. Sehingga jarak tempuh dari Sumbawa menuju Tambora nanti tidak terlalu jauh, seperti yang terjadi saat ini. ‘’Sehingga antara Tambora yang jarak tempuh mencapai 7 jam sampai ke Sumbawa, itu bisa menjadi 2 jam,’’ tukasnya.

Selain bisa menghemat waktu, lanjut Ande – panggilan akrabnya, kondisi jalan yang ada juga bisa lebih awet, karena kendaraan besar bisa memanfaatkan jasa dermaga tersebut. Termasuk itu juga bisa menghemat bahan bakar bagi kendaraan roda dua, roda empat, maupun kendaraan besar. ‘’Jalan sepanjang sekian ratus meter yang dibebani oleh muatan berat yang tiap tahun membutuhkan pemeliaharaan dengan biaya yang mahal, kalau menempuh jalur yang pendek via laut ini akan lebih efisisen dari pemeliharaan jalan. Bahan bakar juga saya kira kalau di kapal roro pasti tidak akan menghabiskan bahan bakar. Sehingga itu beberapa keuntungan yang kita jadikan alasan betapa pentingnya penyeberangan dari Ai Bari sampai Calabai untuk sampai ke Dompu. Didukung oleh pada akhir tahun 2017 Tambora sudah menjadi taman nasional. Jadi ekspektasi kedepan sangat bagus,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *