300 Kilometer Jalan di Sumbawa Masuk Kawasan Hutan

Sumbawa, PSnews – Terdapat ratusa kilometer jalan Kabupaten di Sumbawa yang masuk dalam kawasan hutan. Sehingga perlu mendapat perhatian untuk kemudian dilakukan penanganan. Demikian diungkapkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kabupaten Sumbawa – L Suharmaji kepada wartawan. Total jalan Kabupaten sekitar 951,51 Km. Sekitar 300 Km masuk dalam kawasan hutan. ‘’Khusus Kabupaten Sumbawa, dari 951,51 Km itu sekiar 300 Km yang masih dalam kawasan hutan, ini perlu juga menajdi perhatian kita,’’ ungkapnya.

Dicontohkan, ruas jalan Marente – Mate Mega – Ketupa, yang berada di kawasan hutan. Kemudian ruas Koko – Jamu – Kelawis. Selanjutnya ruas Ranan – lingkar selatan juga masuk kawasan hutan. Selain itu ruas di Batu Lante Ongko yang tembus di Mbawi (Dompu), serta ruas jalan di Pulau Moyo. ’’Yang paling berat yang saya rasakan itu ada di Pulau Moyo. Itu mungkin perlu strategi bagaimana kita bersama Bappeda untuk percepatan itu,’’ ujarnya.

Sementara untuk alih status jalan, Suharmaji menjelaskan ada beberapa ruas yang sudah diusulkan ke Provinsi untuk dirubah statusnya sejak 2014 lalu. Namun hingga kini belum juga disetujui. ‘’Memang untuk ruas jalan dari Batu Dulang, Tepal, Punik, Nusuk, Tangkampulit sampai Teladan dan Kelawis itu sudah kita usulkan. Termasuk ruas Pungki, Lantung, Ropang, Ranan, termasuk ruas Kuangko – Mata, Mata – Tolo’oi. Saat saya masih menjadi Kabid Fisik itu sudah kita usulkan. Namun Provinis ditahun 2014 sudah melakukan revisi, sebagai contoh makanya diambil yang tadinya ruas Cendrawasih, Kebayan, Osap Sio yang tadinya jalan Provinsi beralih ke jalan Kabupaten. Itu kita akan mencoba terus,’’ tukasnya. Seraya menyatakan tetap bersinergi untuk mewujudkan hal tersebut. Apalagi menurutnya untuk menaikkan status jalan itu dinilai agak berat. Butuh berbagai pertimbangan sebagai acuan. ‘’Terus terang untuk ruas Kuangko – Mata – Tolo’oi itu ada dua Kabupaten didalamnya. Dari Kuangko sampai Km 8, itu Dompu punya, kita mulai dari Km 8 sampai Mata – Tolo’oi. Itu kita tetap bersinergi,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *