Kontrak Habis, Pembangunan Pasar Brang Bara Belum Tuntas

Sumbawa, PSnews – Waktu 70 hari yang diberikan untuk pembangunan Pasar Brang Bara Kecamatan Sumbawa akhirnya berakhir pada Rabu (20/12/2017). Artinya, masa kontrak dari pengerjaan pasar dimaksud habis. Namun progress pengerjaannya diketahui baru mencapai 86 persen.

Hal itu disampaikan Ketua TP4D melalui anggotannya – Anak Agung Raka PD SH kepada wartawan usai melakukan pengecekan langsung ke lokasi. Hasil turun lapangan diketahui, kontraktor mengerahkan 75 tenaga kerja dihari terakhir masa kontrak tersebut. Ini merupakan jumlah pekerja maksimal yang dikerahkan hingga malam hari ini. Selain jumlah pekerja, pihaknya juga melihat bahan bangunan dan aksesoris finishing sudah tersedia. Berdasarkan hal ini, kontraktor dan PPK berkeyakinan dapat menyelesaikan pekerjaan mayor yang tersisa diakhir masa pengerjaan. Diantaranya pemasangan keramik pada meja pedagang. ‘’Laporan dari PPK dan Konsultan pengawasnya ada deviasi sebesar 14 persen,’’ ujar Raka yang juga Kasi Pidsus Kejari Sumbawa.

Adapun alasan pihak kontraktor, lanjutnya Raka, keterlambatan pengerjaan ini dikarenakan beberapa waktu lalu para pekerja yang kebanyakan dari pulau Lombok pulang kampung untuk melaksanakan pemilihan kepala desa yang bersamaan dengan peringatan Maulid Nabi.

Diterangkan Raka, pihak kontraktor sudah mengajukan permohonan perpanjangan waktu untuk pengerjaannya. Namun permohonan ini akan terlebih dahulu dianalisa secara teknis oleh PPK untuk mengetahui penyebab keterlambatan dan apakah waktunya bisa diperpanjang. ‘’Nanti ada kajian teknis dari PPK. Nanti lihat dulu, kalau keterlambatan ini karena kontraktor kita akan kenakan denda, kalau bukan karena kesalahan kontraktor maka tidak akan dikenakan denda,’’ ujarnya.

Meskipun demikian, apabila nantinya pengerjaan Pasar Brang Bara dilakukan perpanjangan waktu. Pihaknya yakin seluruh pembangunannya dapat rampung sebelum akhir tahun. Hal ini melihat jumlah pekerja dan bahan-bahan yang sudah tersedia. ‘’Kalau tukangnya bisa dipertahankan, kami yakin sebelum akhir tahun bisa selesai,’’ demikian Raka. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *