Jelang Pilkada, Kapolda NTB Lakukan Safari Kamtibmas

Sumbawa, PSnews – Kapolda NTB – Brigjen Pol. Firly melakukan safari kamtibmas menjelang pelaksanaan Pilkada Serentak 2018. Dalam kunjungannya bersama rombongan ke Kabupaten Sumbawa pada Selasa (19/12/2017), Kapolda melakukan tatap muka dengan Forkopimda Sumbawa, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Adat dan para Ketua Parpol serta lainnya di Aula Madelau ADT Kantor Bupati Sumbawa.

Dalam kesempatan itu, Bupati Sumbawa – HM Husni Djibril menungkapkan kondisi umum Kabupaten Sumbawa. Dari sepuluh kabupaten/kota di Provinsi NTBKabupaten Sumbawa memiliki wilayah yang terluas yakni sekitar 45,52 persen dari luas Provinsi NTBSecara administratif Kabupaten Sumbawa terbagi dalam 24 kecamatan, 157 desa dan 8 kelurahan.

Dilanjutkan, meski beragam dari segi agama, suku atau etnis, sampai saat ini masyarakat tetap hidup berdampingan secara damai dan harmonis dalam semangat kebersamaan dan saling menghargai, dalam payung Negara Kesatuan Republik Indonesia. Kondisi ini tidak terlepas dari andil para pemuka masyarakat maupun tokoh lintas agama yang tergabung dalam Forum Kerukunan Umat Beragama (FKUB).

Dalam hal kondusifitas daerah, hasil evaluasi kamtibmas Provinsi NTB, wilayah Kabupaten Sumbawa tergolong kondusif. Pada peringatan HUT NTB ke-59, Kabupaten Sumbawa meraih predikat terbaik dalam hal penyelenggaraan pemerintahan daerah, yaitu prestasi kinerja tertinggi pratama, di samping beberapa prestasi lainnya. ‘’Kabupaten Sumbawa merupakan daerah yang kondusif,’’ tutur Bupati.

Sementara, Kapolda NTB Brigjen Pol. Firly dalam sambutannya mengatakan, kemajemukan bangsa Indonesia harus dijaga dan dipelihara sebagai modal sosial dan sumber kekayaan bangsa. Bhinneka Tunggal Ika sebagai doktrin dan kesepakatan nasional harus dipertahankan demi kelangsungan hidup bangsa Indonesia dalam menghadapi dinamika perubahan global.

Menjaga dan mempertahankan NKRI adalah tanggung jawab semua komponen bangsa untuk mencegah semua anasir yang berupaya memecah belah persatuan dan kesatuan. Polri sebagai salah satu alat negara yang diberi tanggung jawab UU akan menjalankan peran dan fungsinya secara efektif dan professional, bekerja sama dengan seluruh komponen bangsa. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *