TP4D Desak PPK dan Kontraktor Tuntaskan Pekerjaan Tepat Waktu

Sumbawa, PSnews – Ada puluhan proyek pendampingan yang dilakukan Tim Pengawal, Pengaman  Pemerintah dan Pembangunan Daerah (TP4D) Sumbawa di Kabupaten Sumbawa dan Kabupaten Sumbawa Barat. Mengingat waktu pengerjaan yang tersisa sangat mepet, TP4D meminta agar PPK dan Kontraktor menuntaskan pengerjaan proyek sesuai jadual.

Ketua TP4D Sumbawa – Erwin Indrapraja SH MH kepada wartawan Jumat (15/12/2017) mengatakan, ini merupakan bulan terakhir dilakukannya monitor terhadap proyek pembangunan yang ada. Sejauh ini hasil penilaian sementara, progresnya rata-rata diatas 80 persen.  Diantaranya Dermaga Sebotok, Pasar Brang Bara, dan proyek jalan.

Sementara proyek lain, tambah Erwin, ada Pasar Langam yang kontraknya sudah berakhir, tapi pengerjaannya belum selesai, dan dilakukan perpanjangan dengan denda 1/1000 dari nilai kontrak. Perpanjangan ini dilakukan karena menurut rekanan  material yang datang terlambat. Dimana saat perpanjangan dilakukan progresnya sudah mencapai 90 persen lebih. Kemungkinan saat ini pengerjaan sudah diselesaikan.

Terhadap proyek jalan Punik Kecamatan Batulanteh, pelaksanaannya masih berjalan. Hanya saja tidak bisa dipungkiri ada kendala cuaca. Pihaknya pun mengadakan rapat dengan para pihak terkait, mengenai proyek jalan dimaksud. ‘’Khusus proyek jalan Punik masih terkendala faktor cuaca. Kami akan menggelar rapat untuk menanyakan apa kendalanya, dan kita juga mencari kajian teknisnya bagaimana,’’ ujar Erwin.

Hasil pekerjaan secara visual, prinsipnya dinilai bagus. Sedangkan pekerjaan yang sebelumnya tidak sesuai telah diminta untuk diperbaiki. Meskipun demikian untuk memastikannya belum diuji oleh ahli. Sedangkan terhadap Pasar Utan, sebelumnya pihaknya menghentikan pendampingan. Untuk pengawasannya sendiri, nantinya akan dilakukan setelah pengerjaan tuntas 100 persen. ‘’Jangan pernah berpikiran untuk perpanjang waktu pengerjaan. Karena meskipun di Perpres diperbolehkan, itu akan menjadi catatan tersendiri TP4D,’’ pungkasnya. (PSg

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *