Masyarakat Diingatkan Jaga Kebersihan

Sumbawa, PSnews – Meskipun belum begitu intens, namun tanda-tanda masuknya musim penghujan di Kabupaten Sumbawa sudah mulai terlihat. Beberapa wilayah sudah diguyur hujan. Terhadap hal ini, masyarakat diingatkan untuk tetap dapat menjaga kebersihan lingkungan.

Hal itu disampaikan Bupati Sumbawa yang diwakili Staf Ahli Bupati Bidang Bidang sumber Daya Aparatur dan Kemasyarakatan – A Yani saat kegiatan Rapat Koordinasi Forum Kewaspadaan Dini Masyarakat (FKDM) pada Selasa (12/12/2017) di Aula H. Madilaoe ADT lantai 3 Kantor Bupati  Sumbawa. Cukup banya hal yang terjadi ketika lingkungan tidak terjaga dengan baik, seperti terjadinya bencana banjir maupun timbulnya penyakit.

Untuk itu, lanjut Yani, penting masyarakat melakukan gotong royong secara rutin untuk membersihkan saluran-saluran drainase di lingkungan sekitar agar tidak terjadi banjir, dan tidak terjangkit penyakit menular yang biasa terjadi di musim penghujan seperti demam berdarah, diare, penyakit kulit,ISPA, dan leptospirosis yang biasa ditularkan oleh tikus. ‘’Yang perlu disikapi besama dengan masuknya puncak musim penghujan, dengan lebih menjaga kebersihan lingkungan dengan tidak membuang sampah sembarangan,’’ tuturnya.

Sementara terhadap kondisi kamtibmas di Kabupaten Sumbawa, menurutnya relatif aman. Dengan adanya FKDM diharapkan mampu mengantisipasi perkembangan yang terjadi sejak dini, serta harus senantiasa disikapi secara terpadu oleh segenap komponen masyarakat dalam rangka meningkatkan kewaspadaan terhadap berbagai ancaman yang setiap saat dapat mengganggu kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. FKDM diharap juga dapat terus memantapkan perannya di tengah masyarakat, dan menjadi jembatan dan wadah untuk mencegah berbagai konflik yang terjadi dalam masyarakat sesuai dengan tugas FKDM yang diatur dalam Peraturan Menteri Dalam Negeri Nomor 12 Tahun 2006 yakni menjaring, menampung, mengkoordinasikan dan mengkomunikasikan data dan informasi dari masyarakat mengenai potensi ancaman keamanan, gejala atau peristiwa bencana dalam rangka upaya pencegahan dan penanggulangannya secara dini dan memberikan rekomendasi sebagai bahan pertimbangan bagi Bupati/Walikota mengenai kebijakan yang berkaitan dengan kewaspadaan dini masyarakat.

Terkait musim hujan dan kemungkinan terjadinya bencana banjir, Kepala Pelaksana BPBD Sumbawa – Zainal Abidin mengatakan, sejumlah petugas disiagakan di hulu sungai, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir di Kabupaten Sumbawa. Menyusul sudah mau memasuki musim penghujan, yang ditandai dengan turunya hujan dalam beberapa kecamatan. Selain mensiagakan petugas di hulu sungai, BPBD Sumbawa juga menyampaikan ke Kecamatan – Kecamatan langganan banjir untuk selalu siaga terhadap cuaca saat ini. Jika hujan terjadi secara terus menerus, pihak BPBD akan mengadakan piket dan melakukan pengontrolan terhadap sungai yang ada di Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *