Sumbawa Bakal Lahirkan Perda Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan

Sumbawa, PSnews – Pemda Sumbawa bakal melahirkan Rancangan Peraturan Daerah tentang Rencana Induk Pembangunan Kepariwisataan Kabupaten Sumbawa Tahun 2018 – 2027. Bahkan guna mewujudkan pembangunan kepariwisataan yang aman, nyaman, produktif, dan berkelanjutan, Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata melaksanakan Sosialisasi dan Konsultasi Publik Dokumen pada Senin (11/12/2017).

Kepala Dispopar Kabupaten Sumbawa  H Junaidi dalam laporannya mengatakan, tujuan kegiatan ini untuk mensosialisasikan dan mambahas Dokumen RIPKDA dan Rancangan Peraturan Daerah Kabupaten Sumbawa tentang rencana induk pembangunan kepariwisataan Kabupaten Sumbawa Tahun 2018 – 2027, dan untuk mendapatkan saran dan masukan perbaikan dari dokumen tersebut.

Jumlah peserta sebanyak 62 orang yang berasal dari unsur OPD terkait tingkat Kabupaten Sumbawa, Kecamatan, serta perwakilan Pemerintah Desa dan pelaku pariwisata. Sementara Narasumber pada konsultasi publik tersebut adalah Tim Review RIPKDA dan Tim Penyusun Naskah Akademik dan rancangan PERDA tentang RIPKDA Kabupaten Sumbawa.

Sementara Bupati Sumbawa dalam sambutannya yang dibacakan Plh Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda Sumbawa – H Muhammading menyatakan, pembangunan kepariwisataan dilakukan berdasarkan rencana induk pembangunan kepariwisataan yang terdiri atas rencana induk pembangunan kepriwisataan nasional, rencana induk pembangunan kepariwisataan provinsi, dan rencana induk pembangunan kepariwisataan kabupaten/kota.

Rencana induk pembangunan kepariwisataan menjadi pilar utama sebagai pintu masuk awal dan utama dalam hal pembangunan pariwisata di daerah. Karena perencanaan pembangunan kepariwisataan dilakukan dengan mempertimbangkan asas manfaat, kekeluargaan, adil dan merata, keseimbangan, kemandirian, kelestarian, partisipatif, berkelanjutan, demokratis, kesetaraan, dan kesatuan.

Menurutnya, tujuan kepariwisataan antara lain untuk meningkatkan pertumbuhan ekonomi, meningkatkan kesejahteraan rakyat, menghapus kemiskinan, mengatasi pengangguran, melestarikan alam, lingkungan, dan sumber daya, memajukan kebudayaan, mengangkat citra bangsa, memupuk rasa cinta tanah air, memperkukuh jati diridan kesatuan bangsa, dan mempererat persahabtan antar bangsa. ‘’Saya harap kegiatan ini dapat menjadi tempat untuk dapat saling mengisis dan melengkapi rancangan Ranperda sehingga didapatkan sebuah rancangan Perda yang ideal dan sesuai dengan acuan bagi implementasi pembangunan kepariwisataan di Kabupaten sumbawa dengan tetap menjaga koridor keberlanjutan lingkungan,’’ harapnya. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *