Calon Duta Incakap Kabupaten Sumbawa Jalani Tes Akhir

Sumbawa, PSnews – Sebanyak 7 nominator dalam agenda pemilihan Duta Internet Cerdas, Kreatif dan Produktif (InCAKAP) Tingkat Kabupaten Sumbawa Tahun 2017, telah mejalani tes akhir yakni tahap wawancara. Mereka sebelumnya telah melalui ujian online, dan sesi wawancara dilaksanakan di Aula Hasan Usman Lantai 1 Kantor Bupati Sumbawa, Rabu (6/12/2017).

Kepala Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa diwakili Sekretaris Dinas – Rachman Ansori dalam kesempatan itu mengapresiasi atas kehadiran para nominator Siswa/Siswi Kelas XI yang berasal dari beberapa SMA/SMK/MA se Kabupaten Sumbawa pada sesi wawancara. Menurutnya, para nominator saat ini sejatinya telah menjadi Duta Incakap di sekolah masing-masing dan masyarakat sekitarnya. ‘’Incakap bukan hanya pengetahuan atau minat dalam penguasaan teknologi internet, tapi lebih pada pemanfaatan internet yang bersahabat dan bermartabat secara cerdas, kreatif dan produktif,’’ kata Ansori.

Nominator yang dinyatakan menjadi pemenang, nantinya akan mewakili Kabupaten Sumbawa pada ajang yang sama yang dilaksanakan di tingkat provinsi dan nasional. Sehingga mereka diharapkan terus mengasah kemampuan dan keterampilan dibidang teknologi informasi, namun juga selalu mengasah pengetahuan lainnya yang bermanfaat sebagai wujud generasi digital yang bermartabat yang memiliki karakter hebat. ‘’Adik-adik terus focus belajar dan menjadi contoh bagi siswa lainnya dalam hal pemanfaatan internet positif dan mensosialisasikan agar menghindari dampak-dampak negative dari internet,’’ ujarnya.

Selain itu, para Duta Incakap 2017 kemudian akan dibina dan diberikan beberapa pengetahuan lainnya secara kolaburatif oleh Dinas Kominfotik Sumbawa bersama lembaga atau instansi lainnya, terutama tentang hal-hal yang terkait dengan jurnalisme dan lainnya. Serta akan bersama-sama menjadi mitra sosialisasi InCakap kepada sekolah-sekolah maupun kegiatan social kemasyarakatan lainnya di Kabupaten Sumbawa pada tahun 2018 nanti.

Ditempat yang sama, Kepala Seksi Infrastruktur Teknologi Informatika Dinas Kominfotik – H. Doni Triwardhana yang bertindak sebagai coordinator wawancara menyatakan, wawancara ini dominan bermaterikan UU ITE, visi dan misi nominator apabila terpilih menjadi Duta Incakap 2017, serta pandangan tentang dunia internet sebagai wahana membangun generasi digital yang bermartabat dan bersahabat. ‘’Wawancara merupakan tes tahap akhir, yang nantinya akan diumumkan pemenangnya melalui webincakap.sumbawakab.go.id dan media massa,’’ ujar Haji Doni.

Adapun nominator Duta Incakap Kabupaten Sumbawa Tahun 2017 yang berhasil masuk ke tahap wawancara yakni Lala Aulia Nabila dari SMA Mercury, Alifia Syadira Tasyah dan Carmelia Kusuma Nayaningtyas dari SMAN 2 Sumbawa, Firda Izzain Balihayati dan Taufiqurrahman dari SMAN 1 Empang, Patih Kushartawan dan Nana Bulan Suar dari SMAN 1 Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *