48 Guru Al Qur’an Ikut Diklat Standarisasi Metode Tilawati

Sumbawa, PSnews – Keberadaan guru Al-Qur’an menjadi salah satu faktor pendukung utama yang mampu meningkatkan kualitas para kalifah Kabupaten Sumbawa dalam berbagai ajang STQ/MTQ. Karenanya sebanyak 48 guru tersebut diikutkan dalam Pendidikan dan Pelatihan Standarisasi Guru Al-Qur’an Metode Tilawati Kabupaten Sumbawa, Rabu (29/11).

Bupati Sumbawa melalui Pelaksana Harian Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Sekda, Muhammading, saat membuka kegiatan itu menyebutkan bahwa salah satu langkah untuk mengatasi masalah yang biasa dihadapi Guru Al-Qur’an adalah dengan melakukan standarisasi guru metode tilawati yang merupakan upaya penyeragaman dalam membaca Al-Qur’an. Ini diharapkan akan mempercepat kemampuan tartil dan kelancaran para qori/qori’ah dalam mambaca serta mendukung peningkatan kualitas bacaan Al Qur’an. “Karena Guru Al-Qur’an inilah yang akan menelurkan qori/qori’ah berkualitas untuk mengikuti penyeelenggaraan MTQ baik di tingkat kabupaten, provinsi, bahkan nasional. Yang tidak kalah penting adalah membangun generasi muslim yang berkarakter dan unggul. Orang yang belajar Al-Qur’an dan mengajarkannya bagi orang lain akan mendapatkan kemuliaan dan kebaikan hidup di dunia maupun akhirat,” ungkap Muhammading.

Dari kiri: Muhammading, Anggraini dan Ustadz Faesal Salim

Sebelumnya, Kepala Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah Kabupaten Sumbawa melalui Kasubbag Sosial Kemasyarakatan, Anggraini, melaporkan tujuan pelaksanaan kegiatan tersebut antara lain menciptakan guru Al-Qur’an yang berkualitas, mendapatkan wawasan baru dan pengayaan metodologi mengajar Al-Qur’an. Selain itu untuk mendapatkan bekal ilmu dalam mengajarkan Al-Qur’an dengan metode tilawati, membekali guru dengan ilmu metode mengajar Al-Qur’an secara profesional dan menyenangkan. Tujuan lainnya, membekali guru Al-Qur’an dalam perencanaan pengajaran Al-Qur’an, dan meningkatkan kualitas Sumber Daya Manusia khususnya para guru Al-Qur’an. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *