Labuhan Kuris Dapat Rp300 Juta untuk Bangun Embung

Sumbawa, PSnews – Dalam tahun ini Desa Labuhan Kuris Kecamatan Lape mendapatkan bantuan dana dari Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi sebesar Rp 300 juta. Dana tersebut dialokasikan untuk pembangunan embung desa. Dan Labuhan Kuris ini menjadi pilot project bagi pelaksanaan program dimaksud.

Demikian diungkapkan Sekretaris Kecamatan Lape – Nurhikmah kepada wartawan di kantor Bupati Sumbawa. Kementerian Desa PDT dan Transmigrasi RI memiliki program prioritas yang harus dilaksanakan oleh seluruh desa yang ada di Indonesia. Salah satunya pembangunan embung, yang ditargetkan secara nasional sekitar 500 embung desa yang terbangun.

Untuk di NTB, lanjutnya, Desa Labuhan Kuris mendapat jatah untuk bantuan tersebut. Dimana dana Rp 300 juta dikucurkan dari Direktorat Jendral Pembangunan dan Pemberdayaan Masyarakat Desa (PPMD) Kementrian Desa PDT dan Transmigrasi. ‘’Ini dana dari APBN. Dia (Kementerian) membuat pilot project untuk pembangunan embung desa itu yang bisa diaplikasikan  ke masing-masing desa,’’ terangnya.

Terhadap lokasi pembangunan embung, ada sebagian lahan masyarakat yang terkena dampak. Sehingga masyarakat besedia untuk menghibahkan lahannya untuk pembangunan embung tesebut. Dokumen hibahnya pun sudah diselesaikan, agar tidak ada kendala dikemudian hari. ‘’Sudah selesai dokumen hibahnya. Lahan yang digunakan satu hektar milik masyarakat. Tanah membentang sungai supaya bisa menampung air,’’ ujarnya.

Saat ini sedang tahap pekerjaan, yang dilakukan secara swakelola. Pengerjaan sudah harus tuntas tanggal 20 Desember mendatang. ‘’Pertama kita usulkan di bulan Mei 2017, kemudian dilakukan verifikasi bulan September, selanjutnya Oktober diundang rapat, dan sekarang sudah tahap pengerjaan,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *