Antisipasi Banjir, BPBD Siagakan Petugas di Hulu Sungai

Sumbawa, PSnews – Sejumlah petugas disiagakan di hulu sungai, guna mengantisipasi kemungkinan terjadinya bencana banjir di Kabupaten Sumbawa. Menyusul sudah mau memasuki musim penghujan, yang ditandai dengan turunya hujan dalam beberapa hari ini.

Kepala Pelaksana BPBD Sumbawa – Zainal Abidin mengatakan, pihaknya tetap memantau kondisi di lapangan. Ketika terjadi hujan di hulu sungai, pihaknya segera menuju lokasi untuk memastikan kondisi sekitar. ‘’Ketika hujan, kita menunggu informasi dari petugas yang ada di desa, yang sudah ditunjuk oleh desa setempat menjadi petugas yang akan memantau air sungai,’’ tuturnya kepada wartawan, Senin (13/11/2017).

Zainal Abidin

Disebutkan, ada beberapa wilayah yang rawan terjadi banjir, ketika intensitas hujan cukup tinggi. Dimana air tersebut dibawa dari hulu menuju ke sungai, seperti Kecataman Moyo Hilir dan Moyo Utara yang sumber airnya dari sungai di Kecamatan Lopok. Kemudian, Unter Iwes, Sumbawa, dan Labuhan Badas yang dilalui oleh hulu sungai di Kecamatan Batu Lanteh. ‘’Jadi hulu sungai yaitu Lopok dan Batu Lanteh sudah ada petugas yang disiagakan untuk tetap berkoordinasi dengan petugas yang dilalui oleh aliran sungai tersebut,’’ terangnya.

Selain mensiagakan petugas di hulu sungai, pihak BPBD Sumbawa juga menyampaikan ke Kecamatan-Kecamatan langganan banjir untuk selalu siaga terhadap cuaca saat ini. Jika hujan terjadi secara terus menerus, pihak BPBD akan mengadakan piket dan melakukan pengontrolan terhadap sungai yang ada di Sumbawa. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *