Ratusan Pelajar Ikuti Sosialisasi INCAKAP

Sumbawa, PSnews – Dalam rangka peningkatan pemahaman generasi muda khususnya siswa sekolah SMA sederajat  tentang prinsip dasar penggunaan internet, dampak dan manfaatnya, Pemkab Sumbawa melalui Dinas Kominfotik Kabupaten Sumbawa bekerjasama dengan UPT Layanan Dikmen dan PK-PLK Sumbawa Dinas Dikbud Provinsi NTB menyelenggarakan Sosialisasi INCAKAP (Internet Cerdas Kreatif dan Produktif) sekaligus Pemilihan DUTA INCAKAP Kabupaten Sumbawa Tahun 2017.

Bertempat di Aula H. Madilaoe ADT Lantai 3 Kantor Bupati Sumbawa sekitar 200 siswa kelas XI SMA sederajat dari 13 sekolah mengikuti dengan antusias acara yang dibuka oleh Bupati Sumbawa yang diwakili oleh Asisten Administrasi Umum Sekda Kabupaten Sumbawa – A Rahim, Kamis (9/11/2017). ‘’Era teknologi informasi saat ini, internet sudah sangat akrab bagi kehidupan kita sehari-hari. bahkan beberapa dari kita sudah mulai tergantung kepada internet. Kita membutuhkan internet untuk mengirim email, chatting, mencari referensi, dan sebagainya,’’ tutur Rahim.

Menurutnya, perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat ternyata tidak selamanya membawa dampak positif. Internet sebagai salah satu media komunikasi dalam dunia teknologi informasi kerap kali dimanfaatkan tidak sesuai dengan fungsinya. Internet yang seharusnya diorientasikan untuk meningkatkan produktifitas kerja justru terbiasa menjadikan orang sebagai budak teknologi. ‘’Banyak orang yang menghabiskan waktunya sampai berjam-jam untuk melakukan banyak hal yang tidak bermanfaat. kecanduan game online, mengakses situs porno, judi online adalah sekian diantara pemanfaatan internet yang tidak pada tempatnya,’’ ujarnya.

Penggunaan internet menjadi berdampak buruk terhadap masyarakat apabila tidak cerdas dalam menggunakan media internet tersebut. Untuk itu semua pihak perlu dibekali dengan wawasan atau pengetahuan tentang pentingnya pemakaian internet secara bijak, cerdas dan sehat. ‘’Tidak hanya sebagai pengguna, kita semua juga harus berfikir secara bijak dalam menggunakan internet yang akan lebih produktif dan tentunya memberikan maanfaat bagi setiap penggunanya,’’ tukasnya.

Dalam laporannya Kepala Bidang Teknologi Informatika Dinas Kominfotik Sumbawa Baiq Rahmi Iryana mengatakan, Sosialisasi INCAKAP dan pemilihan DUTA INCAKAP Kabupaten Sumbawa Tahun 2017 akan dilaksanakan di tiga Zona yaitu Zona Tengah yang sedang dilaksanakan saat ini, kemudian Zona Barat yang akan dipusatkan di Aula SMKN 1 Alas, dan Zona Timur yang akan dipusatkan di Aula SMAN 1 Plampang.

Dilanjutkan, dari 400 peserta Sosialisasi dari seluruh Zona yang sekaligus sebagai nominator DUTA INCAKAP Kabupaten Sumbawa 2017, akan terseleksi yang mengerucut pada 4 pemenang yaitu Duta Incakap 2017 yang terdiri dari 1 siswa dan 1 siswi, serta Runner Up Duta Incakap 2017 yang juga terdiri dari 1 siswa dan 1 siswi. Selanjutnya secara berjenjang DUTA INCAKAP Kabupaten Sumbawa 2017 akan mengikuti ajang yang sama di tingkat Provinsi maupun Pusat pada tahun 2018 mendatang. ‘’Pendaftaran pemilihan DUTA INCAKAP Kabupaten Sumbawa 2017 dilakukan secara online melalui google form yang telah disiapkan, serta penjaringan melalui beberapa kuesioner dan karya media baik yang berupa tulisan maupun video akan termuat dalam situs incakap.sumbawakab.go.id,’’ pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *