Wilayah Selatan Sumbawa Belum Miliki TPI

Sumbawa, PSnews – Upaya mendorong peningkatan pendapatan dalam sektor perikanan tangkap, Pemkab Sumbawa telah membangun Tempat Pendaratan Ikan (TPI) disejumlah wilayah. Baik itu di timur, tengah dan barat Sumbawa. Sementara untuk wilayah Selatan, pembangunannya belum dapat dilakukan. Karena berbagai alasan mendasar dari Pemerintah.

Hal itu diungkapkan Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Sumbawa – Dirmawan kepada media ini Rabu (4/10/2017). Dari beberapa TPI yang ada di Kabupaten Sumbawa, baru dua yang memiliki fasilitas lengkap yakni TPI Tanjung Pengamas Kecamatan Labuhan Badas yang dikelola Pemda Sumbawa dan TPI Teluk Santong Kecamatan Plampang yang dikelola Pemprov NTB. Di dua lokasi tersebut, sudah terbangun SPDN dan pabrik es. “Untuk SPDN dan pabrik es tetap aktif, baik di Tanjung Pengamas maupun Teluk Santong,’’ terangnya.

Menurutnya, sejumlah fasilitas di TPI lainnya juga secara bertahap akan dilengkapi. Baik itu di TPI Labuhan Mapin, Labuhan Bua, Labuhan Jambu, hingga lainnya. “Fasilitas di TPI ini sedang kita perbaiki. Karena ini fasilitas yang dimanfaatkan oleh para nelayan, untuk sandar kapal, juga untuk kebutuhan mereka, apakah nanti ada BBM dan pabrik es. Itu tugas dari Pemerintah,’’ tukasnya.

Sementara untuk di wilayah Selatan Sumbawa, hingga kini belum dibangun TPI. Meskipun nelayan di wilayah sekitar aktif mencari ikan jenis-jenis tertentu seperti tuna, cakalang serta lainnya. Karena belum memiliki TPI, pihaknya mensiasati dengan menyuplay es batu kewilayah setempat, agar kualitas ikan tangkapan nelayan tidak menurun. “Untuk TPI di wilayah selatan, belum kita dapatkan lokasi yang cocok, meskipun ada nelayannya. Sehingga yang perlu kita antisipasi untuk selatan ini, penyediaan untuk rantai dingin. Artinya, kalau ikannya mau harganya bagus, maka harus dia pakai es biar kualitasnya tidak menurun. Kita akan atur dengan kelompok-kelompok nelayan yang ada, kita hitung berapa kebutuhan es mereka. Tinggal nanti bisa kita suplay. Karena ikan yang dihasilkan disana juga ada kualitas ekspor,’’ pungkasnya. (PSg)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *