Polisi Pastikan Wisma Praja Terbakar karena Arus Pendek

Sumbawa, PSnews – Polisi akhirnya berhasil mengungkap penyebab kebakaran yang terjadi di Wisma Praja atau Bala Puti Sumbawa beberapa waktu lalu. Hal ini terungkap setelah dilakukan penyelidikan oleh pihak Polres Sumbawa dibantu oleh Tim Inafis Polda NTB dan Tim Puslabfor Denpasar Bali. “Penyebab kebakaran adalah trafo AC yang meledak karena adanya arus pendek,’’ ungkap Kasat Reskrim Polres Sumbawa – AKP Elyas Ericson kepada wartawan, Jumat (4/8/2017).

Ericson – akrabnya mengatakan, meskipun hasil ini diketahuinya masih melalui telepon, namun sudah dipastikan kebakaran tersebut murni karena arus pendek. Saat ini, pihaknya masih menunggu hasil resmi pemeriksaan tersebut dari Tim Puslabfor Denpasar. Dalam hal ini, kemungkinan hasilnya terlebih dahulu akan diserahkan kepada Polda NTB dan kemudian baru kepada Polres Sumbawa. “Rentang waktu hasil ini diserahkan ke kita (Polres Sumbawa) sekitar dua minggu. Hasilnya dikirim ke Polda dulu baru nanti ke kita. Yang pasti unsur kesengajaannya tidak ditemukan,” pungkasnya.

Seperti diberitakan, kebakaran hebat menghanguskan Wisma Daerah Sumbawa atau Bala Puti pada Selasa (11/7). Menurut saksi mata, musibah itu diawali dengan suara ledakan yang cukup keras dan disertai semburan api di bagian timur bangunan Wisma Praja. Dua orang pegawai berusaha memadamkan api yang berkobar dari lantai bawah ruangan yang dijadikan tempat menyimpan konsumsi untuk tamu. Api sempat padam, namun kembali menyembur hingga melahap lantai atas Bala Puti. Mereka langsung panik dan segera meminta bantuan. Api terus merambat dan membesar. Mobil pemadam kebakaran dikerahkan ke TKP, yang diback-up oleh pemadam Bandara Sumbawa dan mobil water canon Polres Sumbawa. Angin yang bertiup kencang membuat api terus berkobar. Api berhasil dijinakkan setelah hampir seluruh bangunan ludes. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *