Pemda Gelar Rakor Sikapi Kebakaran Wisma Praja

Sumbawa, PSnews – Menyikapi musibah kebakaran Wisma Daerah Sumbawa pada Selasa pagi (11/7/2017), tadi malam jajaran Pemkab Sumbawa langsung menggelar rapat koordinasi. Rapat tersebut dipimpin Sekda Sumbawa – H. Rasyidi bersama para Asisten dan perangkat daerah terkait di aula H. Hasan Usman Kantor Bupati Sumbawa.

Dalam pertemuan tersebut, Sekda mengingatkan agar dalam menghadapi musibah ini tidak terlalu larut dalam kesedihan, tetapi segera mengambil langkah-langkah apa yang harus dilakukan. Sehingga semua pihak mampu mewujudkan kembali Istana bersejarah bagi Tau dan Tana Samawa tersebut, kendati tidak bisa persis sama dengan aslinya. Paling tidak bisa mendekati bentuk konstruksi bangunan peninggalan Kesultanan  Sumbawa yang pada zaman kerajaan bernama Bala Puti (Istana Putih).

Sekda meminta kepada para Pimpinan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) terkait agar segera melakukan langkah-langkah kongkrit, seperti membuat laporan ke pihak Polisi, berita acara musibah kebakaran dan hal-hal lain untuk disampaikan ke Gubernur NTB maupun Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) di Gianyar Bali.

Sambil menunggu hasil identifikasi Polisi tentang penyebab kebakaran, Sekda juga minta kepada Kabag Umum Setda dan Kepala Badan Pengelola Aset dan Keuangan Daerah untuk menghitung volume dan nilai kerugian inventaris daerah, berkoordinasi dengan Kantor Penilaian Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bima. “Kita berharap, selain mendapatkan santunan kerugian dari perusahaan asuransi, juga bisa segera ada bantuan bantuan dari Kementerian, Badan Penanggulangan Bencana maupun lembaga-lembaga lainnya,” harapnya.

Sementara Kepala Bappeda yang juga Ketua Lembaga Adat Tana Samawa (LATS) – H Iskandar mengharapkan, agar melibatkan para tokoh adat dan budayawan Sumbawa dalam melakukan rekonstruksi bangunan Wisma. Iskandar menganggap itu penting, sehingga hasilnya nanti bisa sesuai dengan bentuk aslinya. “Kami dari LATS menginginkan agar dilibatkan dalam rekonstruksi,” pungkasnya. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment