Pemda Disarankan Rekonstruksi Wisma Praja

Sumbawa, PSnews – Bencana kebakaran yang menimpa Wisma Praja atau yang kini disebut Wisma Daerah Sumbawa menimbulkan kesedihan yang mendalam bagi Wakil Ketua DPRD Sumbawa – A Rahman Alamudy. Ia menyarankan agar Pemda Sumbawa segera merekonstruksi bangunan bersejarah tersebut. “Perlu dilakukan renovasi dalam waktu yang tidak terlalu lama. Karena ini cagar budaya yang harus diselamatkan,’’ tutur Abi Mang – panggilan akrabnya kepada wartawan Rabu (12/7/2017).

DR Arahman Alamudy SH, MSi

Ia mengharapkan dalam upaya rekonstruksi nantinya agar tidak merubah bentuk asli bangunan dan instrument yang mengandung arti tertentu. Selain itu, perlu juga menambah sistem keamanan yang memadai. Selain sebagai upaya mencegah hal-hal yang tidak diinginkan terhadap bangunan itu sendiri, juga agar pengunjungmerasa aman dan nyaman. “Jangan mengganggu modelnya, termasuk atap. Pembangunannya juga harus menggunakan bahan yang sama. Perlu juga penambahan fasilitas penunjang lainnya,’’ ujarnya.

Menurutnya, dalam rencana rekonstruksi dipandang perlu mengabaikan hal-hal yang akan memperlambat proses pembangunan, seperti perdebatan-perdebatan panjang. Selain itu, agar kejadian yang sama tidak terulang, cagar budaya dan bangunan bersejarah lainnya harus diperhatikan fasilitas penunjangnya, sebagai upaya melakukan proteksi. Termasuk seluruh asset yang ada, bahkan obyek wisata. “Tidak perlu ada perdebatan mengenai persoalan renovasi tersebut. Itu tidak menyelesaikan persoalan,’’ tukasnya.

Diungkapkan, saat ini belum ada koordinasi dari eksekutif terhadap Dewan terkait langkah kedepan dalam merespon kejadian ini, termasuk dalam upaya melakukan rekonstruksi. (PSg)

Komentar

comments

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *