Kabupaten Sumbawa Raih Anugerah Satwa Swaka

Surabaya, PSnews – Kabupaten Sumbawa sangat pantas disebut sebagai daerah peternakan. Apalagi pada Rabu (17/5/2017) di Surabaya, Wakil Bupati Sumbawa – H Mahmud Abdullah menerima predikat Adi Praja Satwa Sewaka Indolive Stock Award 2017 sebagai “Best Livestock Services of Local Government in Middle Part of Indonesia”, dari Kementerian Pertanian RI.

Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan – drh. I Ketut Diarmita, SP di Ruang Pre-Function Convention Hall, Grand City Convex, Surabaya Jawa Timur dalam sambutannya mengaku bangga atas terselenggaranya Indolive Stock 2017, yang melibatkan asosiasi dan para pakar di bidang industry peternakan. Salah satu wujud kebersamaan tersebut adalah pemberian penghargaan, penganugerahan award kepada para pelaku yang berperan besar dan dapat memotivasi dalam pengembangan peternakan di Indonesia. ‘’Tidak dapat dipungkiri bahwa keberhasilan industry peternakan tergantung dari besar kecilnya peran yang diberikan oleh para pelaku di bidang peternakan,’’ tuturnya.

Sebelumnya, Ketua Tim Juri Indolive Stock 2017 – drh. Desianto B. Utomo, P.Hd melaporkan, penghargaan ini diberikan kepada enam Kabupaten di wilayah Barat, Tengah dan Timur Indonesia. Dari 490 Dinas Kabupaten/Kota yang dinilai di seluruh Indonesia, tersaring 86 bakal calon, dan akhirnya mengerucut pada enam calon penerima penghargaan yaitu Kabupaten Tulungagung dan Kabupaten Lamongan Provinsi Jawa Timur untuk Indonesia Bagian Barat,  Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB dan Kabupaten Sumba Timur Provinsi NTT dari Indonesia Tengah,  Kabupaten Bone dan Polewali Mandar Provinsi Sulawesi Selatan mewakili Indonesia Bagian Timur. ‘’Adapun aspek yang dinilai antara lain penertiban regulasi bidang peternakan,  alokasi anggaran daerah yang dialokasikan untuk pengembangan peternakan, arah kebijakan kabupaten/kota dalam memajukan peternakan, fasilitas public yang disediakan untuk sector peternakan serta komitmen eksekutif dan yudikatif untuk memajukan peternakan,’’ terangnya.

Diungkapkan, khusus Kabupaten Sumbawa Provinsi NTB memperoleh penghargaan “Best Livestock Services of Local Government in Middle Part of Indonesia” dengan inovasi yang menonjol adalah segiPelayanan Kesehatan Hewan 24 jam dengan Klinik Call Center,  kemudian Pelayanan Holding Ground ternak sapi yang akan dikirim ke luar wilayah, dan Kartu Ternak sebagai identitas ternak satu-satunya di Indonesia.

Wakil Bupati Sumbawa Mahmud Abdullah (kiri) saat menerima predikat Adi Praja Satwa Sewaka Indolive Stock Award 2017 sebagai “Best Livestock Services of Local Government in Middle Part of Indonesia”, dari Kementerian Pertanian RI

Terhadap penghargaan yang diraih, Wakil Bupati Sumbawa – Drs H Mahmud Abdullah memberikan penghargaan dan apresiasi kepada seluruh masyarakat Kabupaten Sumbawa yang selalu mendukung setiap program pemerintah khususnya di bidang peternakan. Anugerah ini merupakan wujud hasil kerja keras dan sinergi yang selalu terbangun antara Pemerintah Daerah dengan masyarakat dan sektor swasta, khususnya sub sector peternakan Kabupaten Sumbawa. ‘’Saya bersama bapak Bupati mengapresiasi kinerja jajaran Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan. Kami berharap agar anugerah menjadi motivasi untuk meningkatkan inovasi, sinergi, kinerja dan pengabdian kepada masyarakat peternakan Kabupaten Sumbawa,’’ demikian Haji Mo. (PSg)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment