Marak Penyalahgunaan Tramadol di Kalangan Pelajar Sumbawa

Sumbawa, PSnews – Penyalahgunaan obat – obatan jenis Tramadol dan obat batuk merk Komix di kalangan pelajar SMA dan SMP di Kabupaten Sumbawa kian marak. Hal ini dibuktikan dengan bertebarannya bungkus Komix dan Tramadol di sejumlah tempat tertentu seperti di tribun Taman Kerato, di bawah Jembatan SAMOTA, di Wilayah GOR Brang Biji, serta sejumlah tempat lainnya yang disinyalir telah dikonsumsi oleh kalangan remaja usia sekolah.

Beberapa warga yang berdomisili di lingkungan Desa Uma Beringin Kecamatan Unter Iwes mengeluhkan kondisi tersebut, setelah melihat banyaknya bekas bungkus Komix obat batuk sachet yang berserakan di pinggir tribun Taman Kerato.

Desire Jadi

Menyikapi hal tersebut, Kasat Pol PP kabupaten Sumbawa melalui Kabid Trantibummas, Desire Jadi menyatakan, sejak perubahan status Satuan Polisi Pamong Praja menjadi Dinas, pihaknya tetap siap siaga mulai pagi hingga malam hari dengan melaksanakan berbagai operasi rutin. Diantaranya melaksanakan operasi rutin pada pagi, sore dan malam hari sebagai upaya deteksi dini di tempat – tempat keramaian seperti kos – kosan, penginapan, taman kota, serta hiburan malam dengan melakukan penertiban identitas kependudukan. “Upaya ini kami lakukan sebagai salah satu bentuk untuk mewujudkan Sumbawa Hebat Bermartabat sesuai visi misi pemerintahan Husni-Mo,” ujar Desire Jadi.

Disamping itu, lanjut Desire Jadi, Bupati Sumbawa Husni Djibril telah mengeluarkan himbauan dengan nomor : 060 / 19 / Humaspro/2017 tentang perang melawan Narkoba. Karena itu, pihaknya menghimbau kepada generasi muda khususnya kalangan pelajar untuk menjauhi narkoba, serta penyalahgunaan obat – obatan Tramadol dan Komix yang merusak kesehatan. Saat ini Satpol PP Sumbawa melalui Kasi Binwaslu dan Kabid P2UD sedang melaksanakan sosialisasi dan penyuluhan yang diawali dari Kecamatan Alas, tentang narkoba dan obat terlarang lainnya. “Kegiatan ini tetap intens kami laksanakan nantinya dengan sasaran sekolah – sekolah menengah dan menengah atas,” tandas Desi. (PSj)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment