Miss Indonesia 2017 Achintya Bukan Wakil NTB

Mataram, PSnews – Kepala Biro Humas dan Protokol Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB) Yusron Hadi menegaskan pemenang Miss Indonesia 2017 Achintya Holte Nilsen bukanlah wakil NTB. “Menyimak berbagai opini yang berkembang, melalui kesempatan ini dapat kami tegaskan bahwa Achintya Holte Nilsen bukan wakil NTB dalam ajang Miss Indonesia 2017,” kata Yusron Hadi pada media ini Selasa (25/4/2017).

Penegasan ini disampaikan Yusron menanggapi maraknya kabar kemenangan Achintya Holte Nilsen wakil NTB dalam ajang Miss Indonesia 2017 yang digelar 22 April 20terse membuka kesempatan kepada pemenang untuk berlaga di ajang Miss World 2017 di China. Sejak kabar tersebut merebak berbagai pandangan pro-kontra terjadi di tengah masyarakat NTB, baik mengenai sosok pemenang apakah betul-betul mewakili masyarakat NTB maupun mengenai proses dan tahapan hingga bisa mengatasnamakan NTB. Ada juga yang mengaitkan ini dengan komitmen pemerintah daerah mengembangkan wisata halal atau friendly tourism di NTB.

Pertama, beber Yusron, yang bersangkutan menurut informasi yang diterima, tidak bermukim atau berasal dari NTB sebagaimana dipersyaratkan kepada setiap peserta ajang Miss Indonesia.

Kedua, tidak pernah diketahui maupun didengar proses pemilihan ini berlangsung di NTB. Kalau menyimak proses penjaringan peserta yang dikatakan berlangsung hanya di beberapa kota tentu konsekuensinya sangat terbuka ruang pihak lain mengatasnamakan suatu daerah tanpa diketahui daerah yang bersangkutan, sehingga ini mempengaruhi penerimaan masyarakat dan bagi si peserta tidak betul-betul mewakili daerah yang diatasnamakannya,” papar Yusron.

Ketiga, penyelenggara tidak berkoordinasi langsung dengan pemerintah daerah dalam penyematan nama NTB kepada yang bersangkutan. Jika memakai nama NTB seyogyanya ada bentuk keterlibatan pemerintah daerah. “Kita menghargai berbagai upaya semua pihak mempromosikan daerah, termasuk NTB yang kini makin dikenal sebagai daerah tujuan wisata halal. Sebagai pionir wisata halal di tanah air, haruslah kita semua berhati-hati menyematkan nama NTB dalam ajang seperti ini,” ujarnya.

Ia meyakin banyak putra-putri NTB yang tidak kalah baiknya untuk mewakili NTB di ajang-ajang yang ada. Karenanya, kepada panitia untuk lebih berhati-hati dan berkoordinasi dengan pemerintah daerah dalam penyelenggaraan ajang seperti ini. (PSbo)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment