Anggota DPRD NTB Tinjau Jembatan Putus Diterjang Banjir

Sumbawa, PSnews – Hujan lebat yang mengguyur wilayah Kabupaten Sumbawa beberapa hari terakhir telah berdampak pada terjadinya banjir di hampir semua kecamatan. Banjir terparah terjadi pada Kamis 9 Februari  yang menerjang pemukiman penduduk dan sejumlah infrastruktur fasilitas umum. 

Kondisi ini direspon oleh anggota DPRD Provinsi NTB dari Dapil V untuk meninjau lokasi terdampak pada Minggu (12/2/2017).
Rombongan yang beranggota 5 orang tersebut, dipimpin Ketua Komisi IV DPRD Provinsi NTB – Nurdin Ranggabarani, meninjau beberapa lokasi titik longsor di Desa Semongkat dan Batu Dulang serta lokasi jembatan yang putus di Dusun Semongkat Sampar.
Di lokasi Nurdin Ranggabarani meminta kepada Kepala Dinas PU Provinsi NTB melalui Kepala Balai Pemeliharaan Jalan – Jamaluddin MT yang juga ikut serta ke lokasi agar segera menangani masalah tersebut. “Jalan itu merupakan satu-satunya akses masyarakat setempat menuju ibu kota Kabupaten, jadi harus segera ditanggulangi,” tandas Nurdin.
Demikian juga terhadap kondisi jembatan penghubung menuju Dusun Semongkat Sampar perlu juga dipikirkan. Ia bersama anggota DPRD akan berusaha memperjuangkan hal itu dengan berkoordinasi dengan dinas teknis.
Sementara itu Kepala Dinas PU Provinsi melalui Kepala Balai Pemeliharaan Jalan – Jamaluddin MT langsung merespon keinginan tersebut. Pihaknya akan segera menurunkan alat berat untuk melakukan pembersihan material longsor. “Pembersihan material longsor tersebut diperkirakan akan selesai dalam waktu satu minggu, mengingat titik longsor mencapai puluhan titik ditambah dengan jumlah alat yang dimiliki Dinas PU sangat terbatas dan tidak layak pakai,” ujar Jamaluddin.
Dalam hal ini ia berharap agar masyarakat dapat bersabar sambil menunggu proses pembersihan material longsor. Pasalnya saat ini alat berat masih bekerja membersihkan sisa longsor di jalan lintas Sumbawa Besar – Lunyuk serta lokasi yang terdampak banjir. Sedangkan terhadap kekurangan alat berat yang dimiliki saat ini dalam upaya pemeliharaan jalan, ia akan usulkan untuk dilakukan penambahan, tentunya dengan tetap berkoordinasi dengan DPRD Provinsi.
Adapun anggota DPRD Provinsi NTB yang ikut meninjau lokasi longsor tersebut diantaranya, Hj Rahma Jamaluddin Malik, Burhanuddin Jafar Salam, Baijuri Bulkiyah dan H.Busrah Hasan. (PSjek)

Komentar

comments

Related posts

One Thought to “Anggota DPRD NTB Tinjau Jembatan Putus Diterjang Banjir”

  1. Butuh jembatan kerangka baja dengan bentangan lebih tinggi agar air lebih lancar mengalir,” terangnya. Sementara itu dari informasi yang diperoleh Suara NTB, ada juga jalan terputus yang menuju desa Pamunga dan Prode II dan Prode III akibat diterjang banjir.

Leave a Comment