Dispopar Akan Evaluasi Kinerja Petugas Retribusi Lokasi Wisata

Sumbawa, PSnews – Cukup banyak laporan yang diterima Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata (Dispopar) Kabupaten Sumbawa terkait adanya oknum petugas penarik retribusi lokasi wisata yang nakal. Untuk itu, pihak setempat akan melakukan evaluasi terhadap kinerja para petugas dimaksud.

Kepala Dispopar Sumbawa – Junaidi yang ditemui media ini mengonfirmasi, sejak menjabat sebagai pucuk pimpinan di Dinas Pariwisata, ia mengaku sudah berkeliling ke sejumlah objek wisata yang ada. Terutama di lokasi yang ditempatkan petugas penarik retribusi. Hal ini dilakukan untuk mengetahui seperti apa pola kerja petugas retribusi yang ada. Dari hasil kunjungannya tersebut, diketahui di salah satu lokasi ada oknum yang menarik retribusi dengan cara tidak memberikan karcis masuk ke pengunjung. “Saya masuk ke sana ditarik retribusi, tapi tidak dikasih karcis. Jadi saya tahu kelakuan mereka. Jadi kedepannya saya tahu yang harus saya lakukan itu seperti apa,’’ tegasnya.

Menurut Junaidi, prilaku oknum petugas tersebut sangat berpengaruh terhadap gairah para wisatawan untuk datang berkunjung ke obyek wisata itu. Bila oknum petugas dimaksud tidak bisa merubah perilaku seperti itu, maka tidak tutup kemungkinan akan diberhentikan dan menggantikannya dengan petugas lain. Pihaknya juga berencana bentuk tim evaluasi untuk melakukan pemantauan.
“Kalau masih ada yang nakal, bisa kita berhentikan. Apalagi sekarang ada Satgas Saber Pungli itu bisa ditindak. Jadi sebelum ditindak oleh Satgas, kita dulu yang melakukan penindakan,’’ tandasnya. (PSg)

Komentar

comments

Spread the love

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *