Lagi, Mahasiswa UNSA Wakili NTB pada Jambore Pemuda Indonesia

Sumbawa, PSnews – Menjelang hari Sumpah Pemuda 28 Oktober 2016, pemerintah pusat dengan agenda rutinnya melaksanakan Jambore Pemuda Tingkat Nasional dan Duta Asean, dimana pemuda-pemudi terbaik seluruh Indonesia yang mewakili provinsi masing-masing akan berkumpul dalam satu wadah atau moment yang disebut Jambore Pemuda Indonesia. Berbagai kegiatan akan dilaksanakan dalam wadah nasional tersebut.

Rima Suprapti
Rima Suprapti

Untuk bisa mewakili provinsi masing-masing di tingkat nasional dalam kegiatan tersebut tentu tidak mudah, sebab harus bersaing dengan pemuda-pemudi/mahasiswa dari seluruh Universitas/Perguruan Tinggi yang ada di daerah masing-masing, serta pemuda-pemudi dari masing-masing kecamatan di daerah tersebut. Itulah yang dilewati oleh Rima Suprapti, seorang mahasiswi berprestasi dari Fakultas Ekonomi Universitas Samawa (UNSA). Rima sapaan akrab mahasiswi cerdas tersebut berhasil melewati semua tahap seleksi dan menyaingi para pesaingnya ketika seleksi tingkat kabupaten yang berlangsung di Hotel Cendrawasih beberapa bulan yang lalu. Para peserta berasal dari mahasiswa-mahasiswa dari Perguruan Tinggi yang ada di Kabupaten Sumbawa, serta perwakilan pemuda-pemudi dari seluruh kecamatan.

Adapun materi yang telah diuji adalah pengetahuan umum, bakat, pengetahuan tentang pariwisata dan speaking. Dari seleksi tersebut tersaring 6 orang untuk selanjutnya menjalani seleksi di tingkat provinsi. Dari 6 orang tersebut hanya diambil satu orang untuk menjadi perwakilan NTB di tingkat nasional. Dengan seleksi tersebut, akhirnya Rima berhasil menjadi yang terbaik dan berhak mewakili NTB di tingkat nasional.

Kegiatan Jambore Pemuda Nasional tersebut akan berlangsung pada tanggal 27 Oktober-2 November 2016, yang bertindak sebagai tuan rumah adalah Provinsi Kalimantan Tengah (Palangkaraya). Untuk tahun ini, Provinsi NTB akan menampilkan berbagai kesenian dan budaya dari Tana Samawa di tingkat nasional, sehingga secara langsung Rima akan mempromosikan Sumbawa di tingkat nasional.

Untuk diketahui Rima Suprapti adalah mahasiswi semester VII Fakultas Ekonomi dan Bisnis UNSA. Rima merupakan mahasiswa berprestasi, selain prestasi di bidang akademiknya, dia juga mahasiswi yang sangat vokal dalam berbagai seminar nasional.
Selain itu bakatnya di bidang seni juga sangat mahir. Dia juga merupakan juara terbaik pertama dalam Duta Pajak Kabupaten Sumbawa. Untuk diketahui juga bahwa dua tahun sebelumnya secara berturut-turut, mahasiswa UNSA juga yang mewakili NTB di tingkat nasional dalam agenda yang sama.
Adalah Yudi Arisandi mahasiswa Fakultas Ekonomi dan Bisnis, yang mewakili NTB di Yogyakarta pada tahun 2014 dan Mursanuddin mahasiswa FKIP UNSA yang mewakili NTB di Provinsi Riau tahun 2015. Kali ini Pemerintah Provinsi telah menunjuk Yudi Arisandi sebagai pendamping yang juga seniornya Rima yang akan membimbing Rima Suprapti selama kegiatan tersebut. Semoga sukses membawa nama NTB di tingkat nasional dan mampu mempromosikan Sumbawa di tingkat Nasional. (Heri Kurniawan)

Komentar

comments

Shares

Related posts

Leave a Comment